Defisit, Anggaran Pokir Dewan Seluma Dipangkas

Defisit, Anggaran Pokir Dewan Seluma Dipangkas

Sekretariat DPRD Seluma-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Waka I DPRD Seluma, Sugeng Zonrio, mengatakan pembahasan APBD Seluma tahun 2023 hasil evaluasi Gubernur Bengkulu tuntas.

Sehingga tinggal pelaksanaan dan realisasi. Sugeng meminta agar jangan ada OPD yang telat melaksanakan kegiatan. Karena APBD selalu dibahas tepat waktu oleh DPRD.

Diakui Sugeng memang ada beberapa item usulan anggaran yang disampaikan OPD dipangkas. Tujuannya untuk menekan defisit. Salah satunya anggaran pokok pikiran (Pokir) DPRD Seluma. Terjadi pengurangan sebesar 5 persen dari total anggaran Rp 12 miliar. Sehingga porsi anggaran berkurang.

BACA JUGA:Tahun Depan, Anggaran Tunjangan Profesi Guru Berkurang

“Tidak banyak pemangkasan dan pengurangan. Tapi ada, salah satunya dana pokir dikurangi 5 persen untuk menekan angka defisit,” ujar Sugeng. Sementara itu untuk anggaran pilkades serentak. Sugeng mengatakan tidak ada pemangkasan. Sehingga anggaran yang disahkan tetap sebesar Rp 1 miliar. Untuk pelaksanaan pilkades di 60 desa tahun depan. “Untuk pilkades tidak ada pengurangan. Sesuai seperti usulan semula,” ujarnya.

Sama halnya anggaran untuk hibah ke KPU dan Bawaslu Seluma. Karena tahun 2023 KPU dan Bawaslu sudah mulai melaksanakan tahapan pemilu 2024. Maka Pemkab Seluma mengusulkan hibah Rp 350 juta untuk KPU dan Rp 250 juta untuk Bawaslu. Untuk hibah ini juga tidak terjadi pengurangan.

BACA JUGA:Ingat, Pemerintah Sudah Siapkan Dana Rp470 Triliun untuk Bansos, Segera Lengkapi Syarat Ini

“Memang masih kecil, karena tahun 2023 baru pelaksanaan tahapan. Untuk tahun 2024 nanti dibahas lagi tambahan hibah. Karena pemilu pada Februari 2024,” pungkas Sugeng. (rwf)

Sumber: anggota dprd seluma