Dukungan 9 Bakal Calon DPD Pemilu 2024 Dapil Bengkulu Diverifikasi KPU BS

Dukungan 9 Bakal Calon DPD Pemilu 2024 Dapil Bengkulu Diverifikasi KPU BS

Divisi Teknis KPU BS, Edvan Diansari-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) BENGKULU SELATAN mulai memverifikasi dukungan 9 dari 12 bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2024 daerah pemilihan (Dapil) Bengkulu.

Ini setelah dukungan yang diserahkan 9 bakal calon DPD ini ke KPU Provinsi Bengkulu berkedudukan di Kabupaten BENGKULU SELATAN.

BACA JUGA:Pemilik Karaoke Pasar Bawah Laporkan 4 Polisi Polres Bengkulu Selatan ke Polda Bengkulu

“Dari 12 bakal calon DPD, hanya 9 yang kami verifikasi. Sebab dukungan mereka ada di Bengkulu Selatan,” ujar Divisi Teknis KPU BS, Edvan Diansari SPd kepada Raselnews.com.

9 bakal calon DPD tersebut yakni Abdul Kharis Ma'Mun dengan dukungan diverifikasi 6, Ahmad Kanedi 205 dukungan, Edi Agusdin 343 dukungan, Elisa Ermasari 98 dukungan.

BACA JUGA:Skema Program Kartu Prakerja 2023 Diubah, PKH Boleh Daftar, Simak Caranya

Kemudian, Imron Rosyadi 6 dukungan, Leni Haryati John Latief 98 dukungan, Patrice Rio Cappela 238 dukungan, Rahman Dani 302 dukungan, dan Sultan Baktian Najamudin 146 dukungan.

Dukungan bakal calon DPD ini lanjut Edvan selanjutkan akan dilakukan verifikasi secara faktual dengan sistem sampel menggunakan metode Krejcie dan Morgan.

BACA JUGA:PENGUMUMAN!!! Besok, Kemenag Buka Pendaftaran Petugas Haji 2023, Berikut Cara dan Syaratnya

“Metedo ini sama saat kita melakukan verfal keanggotaan parpol beberapa waktu lalu. Tapi verifikasi faktual ini belum dilakukan karena PPS (panitia pemungutan suara) belum terbentuk. Sebab verfal ini PPS yang lakukan. Sekarang masih adminitrasi,” pungkas Edvan.

Verifikasi faktual untuk memastikan kecocokan identitas maupun kebenaran dukungan itu sendiri.

BACA JUGA:17 Desa Terima DD Rp 1 Miliar Lebih, Berikut Daftarnya

“Cara kerjanya sama percis saat verfal pengurus parpol. Nanti PPS membawa format pernyataan untuk ditandatangani. Salah satunya kebenaran dukungan itu. Benar tidak mereka memberikan dukungan,” jelas Edvan.

Diketahui, total ada 12 bakal calon DPD dapil Bengkulu di Pemilu 2024.

BACA JUGA:Perangkat Desa Ingin Lancar Jadi Sarjana, Seperti Ini Langkah Menteri Desa

Selain 9 nama di atas, 3 lainnya yakni Andrian Wahyudi, Def Tri Hardianto, dan Destita Khairilisani. Ketiga tidak dilakukan verifikasi karena tidak memiliki dukungan berupa KTP asal Bengkulu Selatan.

Pendaftaran bakal calon DPD dapil Bengkulu ini dilakukan KPU Provinsi Bengkulu dan tutup pada 29 Desember 2022 pukul 23.59 WIB.

BACA JUGA:PPK Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan Dilantik, Soal Gaji? Sekretaris: Kerja Dulu

Ada 16 nama yang digadang-gadangkan maju. Namun, hanya 12 yang menyerahkan berkas dukungan. (**)

Sumber: