PBB Seluma Tertagih Rp1.8 Miliar, 2 Desa Nol Capaian

PBB Seluma Tertagih Rp1.8 Miliar, 2 Desa Nol Capaian

Ilustrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)-istimewa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Pada tahun 2022, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Seluma mencatat penagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) Rp 1,8 miliar.

Capaian PBB ini lebih tinggi dari 2021 yang hanya Rp 1,6 miliar. Namun masih terdapat 2 desa yang capaian PBB masih nihil dan dua desa di bawah 2 persen.

BACA JUGA:Disnakkeswan Provinsi Bengkulu Klaim PMK Ternak Sapi Tinggal 2 Kasus

Plt Kepala Bapenda Seluma Yuyun Afrianto mengatakan 2 desa yang capaian PBB masih di bawah lima persen yakni Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja dan Desa Napal Jungur.

"Secara umum, capaian PBB mengalami peningkatan. Tapi ada juga dua desa yang capaian PBB benar-benar nihil," ungkap Yuyun.

BACA JUGA:Bersiap, Gerbong Mutasi Bengkulu Selatan Siap Bergerak

Desa Air Kemuning yang membayar PBB hanya 18 orang. Sedangkan di Desa Napal Jungur hanya 14 orang.

Sementara Desa Gunung Mesir Kecamatan Semidang Alas Maras dan Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas (SA), benar-benar nihil capaian PBB. Artinya tidak ada satu warga pun di kedua desa tersebut yang membayar PBB.

BACA JUGA:Catat, Ini Syarat Utama Akreditasi PAUD

"Tentu saja kami mempertanyakan hal ini. Karena  Kades dan Perangkat Desa juga tidak ikut membayar PBB, padahal mereka ini ujung tombak pemerintah daerah di desa," tegas Yuyun.

Tim Bapenda Seluma akan melakukan penelusuran minimnya capaian PBB di dua desa tersebut. Termasuk akan menyurati kepala desa untuk melakukan klarifikasi atas capaian PBB di desa masing-masing.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Datangi PWI Kaur, Emak-emak Ini Ngaku Dimintai Uang oleh Oknum Penyelenggara Pemilu 2024

“Harapan saya, seluruh masyarakat dapat membayarkan kewajiban PBB. Apalagi uang tersebut juga akan dikembalikan untuk pembangunan daerah,” tuntas Yuyun. (rwf)

 

Sumber: