Guru Bakal Tersenyum Lagi, TPG dan Tamsil Triwulan Pertama 2023 Mulai Diproses

Guru Bakal Tersenyum Lagi, TPG dan Tamsil Triwulan Pertama 2023 Mulai Diproses

PROSES : Pegawai Disdikbud Bengkulu Selatan memproses data penerima TPG dan Tamsil triwulan pertama tahun anggaran 2023-rezan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Guru penerima tunjangan sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil) bakal tersenyum lagi.

Diprediksi bulan April TPG dan Tamsil triwulan pertama tahun 2023 jenjang TK, SD dan SMP di Kabupaten Bengkulu Selatan cair.

Saat ini penerima dua tunjangan dari Kemendikbudristek RI ini masih didata ulang dan diverifikasi oleh petugas DIkbud Bengkulu Selatan.

“Masih proses penyiapan data penerima, karena data-data ini harus divalidasi ulang. Kami belum bisa memastikan berapa jumlah penerima TPG ataupun Tamsil, karena sebelumnya banyak guru yang pensiun ataupun pindah tugas,” ujar Kabid PTK Disdikbud Bengkulu Selatan, Amir Syopian, M.Pd.

Dijelaskan Amir, teknis pencairan TPG maupun Tamsil tidak mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya.

Dua tunjangan ini bakal dicairkan per triwulan melalui proses rekonsilidasi terlebih dahulu bersama tim Kemendikbudristek RI.

Lalu setelah rekon selesai, pusat akan mengunci data penerima tunjangan, lalu anggarannya langsung ditransfer ke KASDa Bengkulu Selatan.

“Namun secara umum data penerimanya pasti berkurang. Baik itu TPG maupun Tamsil, jelasnya nanti setelah rekon diadakan,” beber Amir.

Maka itu, agar tidak terjadi kendala dan hambatan dalam pencairan tunjangan tersebut. Para guru diminta lebih aktif dan giat menjalankan tugasnya. Tak hanya itu laporan kependidikan juga harus dilengkapi agar mudah dibaca sistem pusat.

“Mudah-mudahan saja tidak ada pengunduran jadwal pencairan. Karena tunjangan TPD dan Tamsil adalah pemacu utama kinerja para guru,” demikian Amir. (rzn)

Sumber: kabid ptk disdikbud bengkulu selatan