Prediksi BMKG, Tahun 2023 Lebih Kering

Prediksi BMKG, Tahun 2023 Lebih Kering

BMKG-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tahun 2023 diperkirakan bakal lebih kering dibandingkan tahun 2022.

Selain itu, diperkirakan pula Indonesia akan mengalami El Nino setelah 3 kali terjadi La Nina sepanjang tahun 2020, 2021, dan 2022.

BACA JUGA:Gadis Bengkulu Selatan Dianiaya Pria Asal Kaur, Dibanting dan Dipukul

Dampaknya, akan terjadi peningkatan bencana kebakaran dalam skala luas seperti kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2019 lalu.

Untuk itu seluruh daerah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana kebakaran dan karhutla.

BACA JUGA:Lawan Main Kades di Kaur dalam Video Call Sex Mengaku Brimob, Diminta ke Kamar Mandi Lalu....

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Safrizal ZA mengatakan, pemerintahan daerah harus mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana kebakaran hutan.

BACA JUGA:FAKTA!!! Pemeran Perempuan Video Call Sex Ternyata Kades di Kaur

"Kami mendorong terus pembentukan relawan pemadam kebakaran atau Redkar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, sebagai bagian yang integral dalam upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM)," kaat Safrizal.

BACA JUGA:Jelang Penerapan MyPertamina 6 Februari 2023, SPBU di Bengkulu Mulai Diserbu Sopir

Safrizal mengatakan, pemerintah pusat telah menyerahkan bantuan ke sejumlah daerah, khususnya jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Pemadam Kebakaran (Sat Damkar) di sejumlah kabupaten/kota.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Dikira Penculik, Emak-emak Diamankan Warga Pengubayan Kaur

Salah satu daerah yang menerima bantuan 1 unit portable fire pump adalah Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Penyerahan bantuan pemerintah ini di samping untuk memperkuat kapasitas sarana dan prasarana di daerah, juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam memenuhi response time maksimal 15 menit sampai di lokasi bencana atau kebakaran,” demikian Safrizal. (cia)

Sumber: