Berkunjung Ke Seluma, Mentan Minta Petani Tingkatkan Produktivitas

Berkunjung Ke Seluma, Mentan Minta Petani Tingkatkan Produktivitas

KUNKER MENTAN : Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja ke Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja, Jumat (10/2)-Ahmad Fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Menteri Pertanian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke SELUMA. Dalam kunjungan itu Mentan meminta masyarakat meningkatkan produksi Pertanian.

Mentan berkinjung ke Kabupaten Seluma untuk menggelar panen raya padi di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja, Jumat (10/2).

Dalam kesempatan itu Mentan menyerahkan alat mesin pertanian kepada petani.

BACA JUGA:Gelapkan Setoran Rp200 Juta Lebih, 2 Warga Bengkulu Selatan Ditangkap Polisi

BACA JUGA:Datang Ke Aceh Presiden Jokowi Luncurkan Kartu Tani Digital dan KUR BSI

"Kami memberikan apresiasi kepada petani di Kabupaten Seluma. Karena berhasil meningkatkan produksi padi. Kemudian kami jug meminta petani meningkatkan produksi setiap tahun. Sehingga Provinsi Bengkulu bisa menjadi daerah penghasil padi terbesar," tegas Mentan.

Menurut data BPS pada November 2022, luas panen padi di Bengkulu pada 2022 diperkirakan sebesar 58.664 hektar. Meningkat  2.959 hektar (5,31%) dibandingkan luas panen padi di 2021. Produksi padi pada 2022 meningkat 19.039 ton GKG (7,02%) menjadi 290.156 ton GKG dibandingkan tahun 2021.

BACA JUGA:Mau Kuliah Gratis? Ini Kuncinya, Ketua STIT Alquraniyah Manna Siap Perjuangkan

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyumbang Inflasi Terbesar, Pria Merokok Wajib Tahu

Mentan mengharapkan petani Seluma dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan lahan pertanian yang masih luas. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas sektor pertanian Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Bupati Seluma, Erwin Octavian mengatakan Kabupaten Seluma memiliki sekitar 6,5 ribu hektar untuk tanaman padi. Dengan  dua kali masa penanaman setiap tahunnya. Saat ini petani Seluma sedang menerapkan penanaman padi organik untuk pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Dua Rumbel SMAN 9 Bengkulu Selatan Rusak Berat, Atap Bocor Kerangka Bangunan Terancam Ambruk

BACA JUGA:Tiga Kapolsek Diganti, Ini Pesan Kapolres Bengkulu Selatan

"Ini tanamannya sudah organik, hampir 70 persen. Kemarin kami juga koordinasi dengan BMKG menanam tanaman padi dengan sistem organik, alhamdullilah di lahan ini kurang lebih sekitar 300 hektar persegi," tegas Bupati Seluma.

Sumber: menteri pertanian syahrul yasin limpo