Peluang Bisnis, Potensi Perikanan Bengkulu Selatan Cukup Besar, Ini Sektor yang Membutuhkan Investsi

Peluang Bisnis, Potensi Perikanan Bengkulu Selatan Cukup Besar, Ini Sektor yang Membutuhkan Investsi

HADIR : Wabup H Rifa’i Tajuddin menghadiri High Level Meeting Percepatan Investasi dan Pengembangan Ekspor UMKM Provinsi Bengkulu-wawan suryadi-raselnews.com

Kemudian potensi perikanan budidaya, saat ini sudah banyak masyarakat Bengkulu Selatan yang mengelola kolam air deras. Bahkan ikan nila dan ikan mas hasil budidaya masyarakat sudah mampu memasok kebutuhan pasar luar daerah seperti Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, Muara Enim Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Ramadan, Bulog Bengkulu Datangkan 16 Ton Daging Beku

BACA JUGA:Takewondoin Bengkulu Raih Medali Emas di Popda Magelang 2023

Untuk perikanan budida ini, daerah membutuhkan investasi dibidang pembuatan pakan. Karena selama ini petani pembudidaya ikan nila, ikan mas dan ikan lele masih memasok pakan dari luar daerah. Akibatnya petani terpaksa membeli dengan harga yang lebih tinggi.

Padahal jika ingin membangun pabrik pakan ikan di Bengkulu Selatan peluangnya cukup menjanjikan. Selain kebutuhan petani akan pakan ikan tinggi, bahan baku untuk pembuatan pakan juga tersedia melimpah di Bengkulu Selatan. Seperti jagung, dedak atau bekatul.

BACA JUGA:Kapolsek Maje dan Kasi Propam Polres Kaur Bergeser

BACA JUGA:Penundaan Pengumuman PPPK Guru 2022: Ada yang Dirugikan, Ada yang Diuntungkan

"Kami sangat berharap pemerintah atau pihak swasta bisa berinvestasi juga di bidang pembuatan pakan ikan," kata Wabup.

Di Kabupaten Bengkulu Selatan, ada tiga kecamatan yang menjadi pusat pengembangan perikanan budi daya terbesar. Yakni Kecamatan Seginim, Air Nipis dan Kedurang. Setiap hari puluhan ton ikan nila, ikan mas dan lele dipanen.

Hasil penen ini mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal dan memasok kebutuhan masyarakat Kota Pagaralam, Lahat dan Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan ada juga yang dikirim sampai ke Kota Palembang. (one)

Sumber: wakil bupati bengkulu selatan