Peluang Bisnis, Potensi Perikanan Bengkulu Selatan Cukup Besar, Ini Sektor yang Membutuhkan Investsi

Peluang Bisnis, Potensi Perikanan Bengkulu Selatan Cukup Besar, Ini Sektor yang Membutuhkan Investsi

HADIR : Wabup H Rifa’i Tajuddin menghadiri High Level Meeting Percepatan Investasi dan Pengembangan Ekspor UMKM Provinsi Bengkulu-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Potensi perikanan di Kabupaten BENGKULU SELATAN cukup menjanjikan. Baik perikanan tangkap maupun perikanan darat. Sayangnya potensi ini belum bisa digarap secara maksimal, karena butuh investasi yang tidak sedikit.

Untuk mengelola dan mengembangkan potensi itu, Pemda Bengkulu Selatan berharap pemerintah pusat atau pihak swasta mau berinvestasi di daerah ini. Agar dapat meningkatkan perekonomian global.

BACA JUGA:Rumah Mantan Bupati Kaur di Kota Bengkulu Digeledah Polisi, Ada Senjata Api Diamankan

BACA JUGA:Bingung Urus Rekomendasi Kartu Indonesia Pintar (KIP)? Simak di Sini

Untuk perikanan tangkap, Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifa’i Tajudin menyebut, potensi perikanan di perairan Bengkulu Selatan sangat menjanjikan, karena berbatasan langsung dengan samudera hindia.

Namun fasilitas yang dimiliki masih sangat minim. Dermaga perahu dan tempat pelelangan ikan (TPI) di kawasan pendaratan nelayan Pasar Bawah masih sangat sederhana.

BACA JUGA:2 Maret, PPPK Guru 2022 Kepung Kemendikbudristek: 2 Pilihan, Bagikan SK atau Mundur dari Menteri

BACA JUGA:Heboh...Ikan Arapaima Ditemukan di Siring Sawah Lebar Bengkulu

Alat tangkap yang digunakan nelayan juga masih sederhana, sehingga belum bisa mendapat tangkapan dalam jumlah besar.

Ditambah lagi sering terjadinya pendangkalan mulut muara menyebabkan nelayan kesulitan keluar masuk muara saat hendak pergi atau pulang melaut.

Untuk mendukung potensi ini dibutuhkan investasi dari pemerintah pusat maupun dari investor swasta yang bisa diajak kerjasama. Terutama untuk pembangunan tempat pelelangan ikan dan pelabuhan nelayan moderen.

BACA JUGA:1 Maret Harga Pakan Ternak Naik, Nih Penyebab dan Rinciannya

BACA JUGA:Wagub Sebut Data Warga Miskin Ekstrem di Bengkulu Tak Sesuai Fakta

“Soal pendangkalan mulut muara, pemerintah daerah sudah menanggulangi, tapi untuk pembangunan pelabuhan perahu dan tempat pelelangan ikan, anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit,” kata Wabup pada kegiatan High Level Meeting Percepatan Investasi dan Pengembangan Ekspor UMKM Provinsi Bengkulu yang digelar di Ballroom Mercure Hotel Bengkulu.

Sumber: wakil bupati bengkulu selatan