Anggaran Sewa Pesawat Kurang, JCH Bengkulu Tempuh Jalur Darat Menuju Embarkasi Padang

Anggaran Sewa Pesawat Kurang, JCH Bengkulu Tempuh Jalur Darat Menuju Embarkasi Padang

Ilustrasi haji-istimewa-disway.id

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemprov BENGKULU hingga Rabu (29/3/2023) belum memutuskan maskapai penerbangan yang akan digunakan untuk keberangkatan 1.636 jemaah calon haji (JCH) menuju Embarkasi Padang.

Dari rapat sebelumnya, anggaran sewa pesawat Rp6 miliar tidak mencukupi karena melonjak harga tiket pesawat.

BACA JUGA:Sewa Pesawat Jemaah Haji Bengkulu Gagal Lelang, Ternyata Ini Penyebabnya

Namun Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri memastikan JCH akan sampai ke Padang Sumatera Barat. Meskipun nanti tidak dapat berangkat menggunakan pesawat, JCH akan diberangkatkan lewat jalur darat.

“Itu tergantung pak Gubernur, mau lewat darat atau udara. Yang pasti jemaah sampai ke Embarkasi Padang" ujar Hamka, Rabu (29/3/2023).

Hamka mengatakan keberangkatan JCH ke Embarkasi Padang bukan hanya terkait persoalan anggaran. Namun Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berkeinginan mengantar langsung JCH sampai ke Padang.

BACA JUGA:Anggaran Sewa Pesawat Haji Melonjak, Sekda Bengkulu: Naiknya Luar Biasa

Gubernur, sambung Hamka, ingin melihat langsung keberangkatan para JCH dari Padang.
Selain jalur darat, opsi lainnya JCH bisa berangkat dengan memesan maskapai secara kolektif.

Opsi ini dilakukan jika nantinya harga sewa pesawat tidak juga turun. "Tapi kalau pemda bisa mengkoordinir, bisa dipesankan secara bersama-sama,” tegas Hamka.

BACA JUGA:Jemaah Calon Haji Bengkulu Selatan Tambah Rp16 Juta? Kemenag BS: Tunggu KMA

Namun Hamka mengaku masih menunggu laporan tim yang dibentuk. Tim masih berkoordinasi dengan BPKP guna mencari solusi anggaran sewa pesawat haji.

Pasalnya, Pemprov Bengkulu membutuhkan dana Rp7 miliar, dari sebelumnya yang hanya dianggarkan Rp6 miliar saja. "Jadi lihat laporan tim kecil yang dibentuk dulu," pungkas Hamka. (**)

Sumber: