Gaji Kades dan Perangkat 27 Desa di Seluma Belum Dibayar

Gaji Kades dan Perangkat 27 Desa di Seluma Belum Dibayar

ilustrasi gaji 13 PNS-istimewa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Kabar baik. Gaji kades dan perangkat serta BPD di Kabupaten SELUMA akhirnya dibayarkan. Namun 27 desa belum menerima.

Hal ini setelah Pemkab Seluma sudah menggelontorkan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) triwulan pertama sebesar Rp 69 miliar lebih ke desa.

BACA JUGA:Usai Dilantik, 5 Anggota KPU Provinsi Bengkulu Terpilih Dapat Gaji Segini

Kepala Badan Keuangan Kabupaten Seluma, Sumiati mengatakan, anggaran tersebut di transfer langsung melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manna ke rekening desa.

"Setelah semua persyaratan pengajuan disampaikan. Selanjutnya kami proses dan anggaran desa di transfer langsung oleh KPPN ke rekening desa," tegas Kepala BKD Seluma.

BACA JUGA:Gaji 13 ASN Dibayar Juni 2023, Tenaga Honorer Kategori Ini Kecipratan, Berikut Besarannya

Untuk alokasi dana desa (ADD) harus digunakan untuk pembayaran gaji kades dan perangkat, serta kebutuhan ATK pemdes.

Dari 182 desa di Seluma, sudah 155 desa yang mencairkan ADD. Dengan total anggaran yang sudah dicairkan sebesar Rp18.440.892.924.

BACA JUGA:Akhirnya....Gaji Kades dan Perangkat Desa di Bengkulu Selatan Dibayarkan

Sedangkan 27 desa belum mencairkan karena masih dalam proses. "Masih ada 27 desa lagi yang masih dalam proses pencairan ADD," sebut Sumiati.

Sedangkan untuk DD, baru 168 desa yang sudah mencairkan. Total anggaran yang sudah digelontorkan Rp50.766.876.300 dari total pagu anggaran sebesar Rp 58 miliar untuk tahap pertama. Sedangkan 14 desa segera menyusul, saat ini juga masih proses pencairan.

BACA JUGA:Horeee...THR dan Gaji 13 ASN dan Anggota DPRD Kaur Mulai Mengalir ke Rekening

Seperti diketahui tahun 2023 ini total DD yang akan dikucurkan ke 182 desa di Seluma sebesar Rp 147 miliar, sedangkan untuk ADD sebesar Rp 54 miliar. (rwf)

Sumber: