Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Siapkan Bantuan Pangan untuk Petani Korban Banjir Rob

Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Siapkan Bantuan Pangan untuk Petani Korban Banjir Rob

Tanaman padi di Bunga Mas terendam banjir rob-rezan oktowesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten BENGKULU SELATAN (BS) saat ini tengah mendata pemilik lahan pertanian, yang menjadi korban banjir rob, yang merendam puluhan hektar areal pertanian padi, cabai dan jagung di  Desa Tumbuk Tebing, Gunung Kayo dan Padang Burnai Kecamatan Bunga Mas.

BACA JUGA:Tahun Ini, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Hanya Dapat DAK Tematik, Nih Kegiatannya

Hal ini bertujuan untuk pemberian bantuan kepada petani yang secara materiil mengalami kerugian atas dampak banjir tersebut.

“Tim sedang bekerja di lapangan mendata pemilik lahan pertanian yang kondisinya rusak parah. Data ini sebagai dasar pemberian bantuan sembako, khususnya beras,” ujar Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Edi Siswanto.

BACA JUGA:Alsintan Dinas Pertanian Tak Jelas, Bupati Bengkulu Selatan Perintahkan Ipda Audit, Hasilnya? Alamak....

Dari total 40 areal tanaman pertanian yang terendam, sekitar 30 hektar tanaman bisa diselamatkan karena debit banjir sudah turun dan tanaman sudah sehat kembali.

Sementara sisa tanaman lainnya, masih diupayakan untuk proses pengeringan air.

BACA JUGA:Anda Petani Jagung? Simak Nih, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Beri 2 Pilihan

“Jadi bersama tim BPBD dan juga Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan. Skema penanggulangan jangka panjang termasuk pemberian bantuan sudah kami bahas. Jadi para petani tak perlu khawatir soal kejadian banjir ini,” terang Edi.

BACA JUGA:Sedih...Irigasi Rusak, Petani di Bengkulu Selatan Justru Diminta Iuran oleh Dinas Pertanian

Edi menyarankan para petani agar lebih maksimal merawat saluran air di sekitaran areal pertanian. Ini bertujuan untuk membuang debit air berlebih jika kemudian hari muara Sungai Bengkenang kembali tertutup material pasir.

BACA JUGA:Puluhan PNS Bengkulu Selatan Jadi Korban Eks Bendahara Dinas Pertanian

“Mudah-mudahan tanaman pertanian ini tidak semuanya gagal panen. Karena terus terang, hasil pertanian di Kecamatan Bunga Mas ini sangat menyumbang ketahanan pangan Bengkulu Selatan,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: