Pihak Sekolah Cuwek, Usulan Perbaikan Gedung Minim, Batas Pengusulan DAK Juli

Pihak Sekolah Cuwek, Usulan Perbaikan Gedung Minim,  Batas Pengusulan DAK Juli

Ilustrasi sekolah rusak di Bengkulu Selatan-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN – Pihak sekolah di BENGKULU SELATAN cuwek terhadap usulan anggaran perbaikan atau pembangunan gedung melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Hingga Selasa (30/5) sore, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten BENGKULU SELATAN (BS) mencatat masih sangat minim usulan perbaikan gedung sekolah yang diajukan oleh TK/SD/SMP.

BACA JUGA:Miris! Sekolah di Bengkulu Layaknya Sekolah Dalam Cerita Laskar Pelangi, Begini Kondisi Aslinya

BACA JUGA:Lantaran Jarang Masuk Sekolah Karena Jaga Adik Gizi Buruk, Siswi SMP Diminta Mengundurkan Diri

Padahal, deadline pengajuan usulan tersebut menggunakan anggaran DAK Kemendikbudristek RI hingga Juli mendatang.

Kasubbag PPE Disdikbud Bengkulu Selatan, Yen September, S.Pd.I, mengungkapkan bahwa dari total 115 SDN yang ada, baru sekitar 80 persen yang telah menyampaikan usulan.

Sedangkan dari 30 SMPN, baru sekitar 90 persen yang telah melengkapi berkas usulan. Sementara itu, untuk 21 TKN, masih terdapat 35 persen lembaga yang usulan rehab gedungnya belum divalidasi oleh pusat.

BACA JUGA:9 Sekolah Terbaik di Kota Palembang Berdasarkan Nilai UTBK 2022

BACA JUGA:Rezeki Lancar dan Selalu Sehat, Berikut 5 Shio Yang Selalu Diberkahi Keberuntungan Awal Bukan Juni

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, antusiasme sekolah dalam mempersiapkan berkas usulan perbaikan masih minim. Kami tidak tahu apakah ini karena masih dalam tahap persiapan atau kurang minat dalam mendapatkan bantuan. Namun, kami tetap akan melaksanakan proses verifikasi usulan ini," ujar Yen.

Yen melanjutkan bahwa dari rencana awal yang disusun oleh pihaknya, total ada 72 paket pengajuan perbaikan gedung sekolah untuk semua jenjang, yaitu TK/SD/SMP.

BACA JUGA:Bujang Kurap, Manusia Sakti Dari Jambi Keturunan Si Pahit Lidah, Buat Danau Hanya Pakai Lidi

BACA JUGA:INI DIA! Kunci Jawaban Tebak Kata Shopee Tantangan Harian Hari Ini Kamis 1 Juni 2023

Adapun nilai anggaran dari usulan tersebut mencapai Rp100 miliar. Namun, menjelang batas waktu pengajuan secara online, kesiapan sekolah belum sepenuhnya terlaksana.

"Saat ini pengajuan usulan dilakukan secara online, tidak lagi melalui proposal fisik. Namun, kelengkapan berkas tetap harus valid, baik dalam hal perhitungan kerusakan bangunan maupun dokumentasi bangunan yang diusulkan untuk direhabilitasi," jelas Yen.

BACA JUGA:Pencairan Gaji 13 Pensiunan Mulai 5 Juni, Berikut 7 Syarat dari PT Taspen

BACA JUGA:Karomah Imam Hambali, Jin Saja Takut dengan Sandalnya

Apabila sekolah masih lambat dalam melengkapi berkas, pihak Dikbud memastikan bahwa jumlah paket bantuan yang diterima akan menjadi minim.

Terlebih lagi, belum semua usulan yang diajukan oleh sekolah dipastikan akan diterima oleh Kemendikbudristek RI.

"Kami hanya bertindak sebagai pihak yang mewadahi. Jika sekolah tidak terlalu antusias, itu terserah mereka. Namun, konsekuensinya tetap ada, karena kami membutuhkan Kepala Sekolah yang aktif dan benar-benar berkomitmen untuk memajukan sekolah," tegasnya. (red)

Sumber: kasubbag ppe disdikbud bengkulu selatan