22 Jemaah Haji Meninggal Dunia, 89 Orang Sakit, Berikut Rinciannya

22 Jemaah Haji Meninggal Dunia, 89 Orang Sakit, Berikut Rinciannya

ilustrasi Jemaah haji -Istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan bahwa hingga saat ini telah terjadi 22 jemaah haji meningal dunia.

Kemudian 89 orang jemaah haji mengalami disway.id/listtag/349/sakit">sakit dan masih mendapat perawatan medis.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI, Akhmad Fauzin mengungkapkan bahwa para jemaah haji yang meninggal tersebut tersebar di Mekkah dan Madinah, Arab Saudi.

BACA JUGA:Ada Ada Saja, Teringat Ayam Belum Diberi Makan, Calon Jemaah Haji Ini Minta Turun Dari Pesawat

BACA JUGA:Kisah Haru Petugas Pemandi Jenazah, Istri Meninggal Dunia, Marzuki Batal Berangkat Haji

Secara rinci, terdapat tiga jemaah haji yang meninggal dunia di Mekkah, yaitu satu orang dari kloter UPG 04, satu orang dari kloter SUB 24, dan satu orang dari kloter PLM 07.

Sementara itu, satu jemaah haji asal kloter JKS 03 meninggal dunia di Madinah.

"Jumlah keseluruhan jemaah haji yang meninggal dunia di Mekkah adalah 2 orang. Secara total, hingga saat ini telah terjadi 22 jemaah haji meninggal dunia," ujar Akhmad Fauzin dalam konferensi pers daring yang dilaksanakan pada Rabu, 7 Juni 2023.

BACA JUGA:Info Haji, Kuota Pemberangkatan Haji Bengkulu Bertambah 142 Orang, Ini CJH Yang Mendapatkan Kuota Tambahan Itu

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji 2023 Diperpanjang 12 Mei, Kemenag: Rp49,8 Juta Masih Dianggap Berat

Sementara itu, 89 jemaah haji yang sakit di Madinah sudah dirujuk untuk mendapatkan pengobatan.

Rincian tersebut mencakup 29 jemaah yang menjalani perawatan rawat jalan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, 25 jemaah yang dirawat inap di KKHI Madinah, dan 35 jemaah yang dirawat inap di RSAS.

Sedangkan di Mekkah, terdapat 39 jemaah yang dirujuk untuk pengobatan. "Rinciannya adalah 18 jemaah yang menjalani perawatan rawat jalan di KKHI Mekkah, 14 jemaah yang dirawat inap di Mekkah, dan 7 jemaah yang dirawat inap di RSAS Mekkah," tambah Fauzin.

BACA JUGA:Masyaallah... Nenek di Sumsel Ini Nekat Jual Rumah Demi Berangkat Haji

BACA JUGA:HARU! Demi Bersama Anak, Jemaah Calon Haji Asal Kaur Ini Enggan Berangkat ke Tanah Suci

Dia juga mengimbau para jemaah haji lanjut usia (lansia) untuk menjaga kesehatan, mengingat suhu di Madinah saat ini berkisar antara 28-42 derajat Celsius, sementara di Mekkah suhunya mencapai 35-43 derajat Celsius.

Sumber: kabiro humas kemenag ri