Penderita Asam Urat Diminta Tak Konsumsi 10 Jenis Ikan Ini, Jangan Dulu Deh!

Penderita Asam Urat Diminta Tak Konsumsi 10 Jenis Ikan Ini, Jangan Dulu Deh!

10 ikan yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Penderita asam urat perlu memperhatikan jenis ikan yang tidak aman untuk dikonsumsi.

terutama yang memiliki kandungan purin tinggi. Konsumsi makanan yang kaya purin dapat memicu nyeri sendi dan memperburuk gejala asam urat.

Perlu diketahui, asam urat adalah kondisi peradangan sendi yang menyakitkan yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Dilarang Makanan Buah Berbau Harum Ini, Jika Nekat Bisa Bahaya, Berikut Penjelasannya

Asam urat diproduksi saat tubuh memecah purin, suatu senyawa kimia yang terdapat secara alami dalam tubuh dan makanan tertentu.

Diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat yang berulang serta melambatkan perkembangan kerusakan sendi.

Meskipun demikian, penderita asam urat biasanya masih membutuhkan pengobatan untuk mengatasi rasa sakit dan menurunkan kadar asam urat.

BACA JUGA:Dinkes Ingatkan Warga Terkait Penyakit Diabetes

Kadar asam urat yang tinggi juga dapat berhubungan dengan batu ginjal. Namun, kebanyakan orang dengan kadar asam urat tinggi tidak mengalami gejala atau masalah terkait.

Oleh karena itu, penting bagi penderita asam urat untuk menghindari atau membatasi konsumsi beberapa jenis ikan yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam darah.

Berikut adalah 10 jenis ikan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

BACA JUGA:Olahraga Terbaik untuk Pasien Diabetes, Ini Kata Dokter

1. Ikan trout

2. Ikan perch

3. Ikan mas

Sumber: