Mobil Terbang Pertama di Dunia Resmi Dipasarkan, Sudah 400 Pemesan, Harganya?

Mobil Terbang Pertama di Dunia Resmi Dipasarkan, Sudah 400 Pemesan, Harganya?

mobil terbang pertama di dunia buatan Alef Aeronautics sudah resmi dipasarkan.-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Mobil listrik yang dapat dikendarai di jalan raya kemudian terbang untuk menghindari kemacetan mungkin terdengar seperti sesuatu dari film fiksi ilmiah.

Tetapi Alef Aeronautics menjadikannya kenyataan.

BACA JUGA:Pajak Progresif Kendaraan Dihapus, Berapapun Punya Mobil Bebas

Perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mobil terbangnya yang disebut "Model A," menjadi yang pertama dalam jenisnya yang mendapatkan persetujuan hukum untuk terbang dari pemerintah AS.

Bahkan mobil terbang pertama di dunia buatan Alef Aeronautics sudah resmi dipasarkan.

Harganya dibanderol mulai US$300 ribu atau setara Rp4,5 miliar dan akan dikirim pertama kali ke konsumen pada akhir 2025.

BACA JUGA:Mobile Legends Segera Riils lxia, Hero Marksman Terbaru

Model A telah menerima sertifikasi kelaikan udara khusus dari Federal Aviation Administration (FAA) sehingga memungkinkan untuk pengujian lebih lanjut, serta demonstrasi penerbangan dalam waktu dekat sebelum dirilis ke publik.

Namun karena adanya kesulitan FAA yang terus berkembang terkait kemampuan mobil terbang, sertifikasinya membatasi lokasi dan tujuan terbang yang diizinkan.

BACA JUGA:Sepeda Motor Terancam, China Produksi Mobil Listrik Harga Terjangkau

Pabrik pembuat mobil terbang mengklaim bahhwa Model A merupakan kendaraan terbang pertama yang dapat dikendarai di jalanan umum dan dapat parkir seperti mobil biasa.

Mobil ini memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal, hanya bisa membawa satu atau dua penumpang dan memiliki jarak tembak sekitar 321 km di darat dan 177 km di udara.

BACA JUGA:Wuihhh, Toilet Duduk Ini Seharga Mobil Toyota Yaris Cross

Mobil tersebut akan menjadi 'Kendaraan Berkecepatan Rendah', artinya tidak akan melaju lebih cepat dari 40 km per jam di jalanan beraspal. Jika membutuhkan rute yang lebih cepat, bisa menggunakan kemampuan terbang mobil tersebut.

Model A sudah bisa dipesan dalam laman resminya sejak Jumat 30 Juni 2023.

BACA JUGA:Simak Baik Baik, Mengapa Mobil Jepang Laku Keras di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya

Jika berminat bisa membayar deposit US$150 (Rp2,25 juta) untuk masuk dalam daftar tunggu atau membayar US$1.500 (Rp22,5 juta) untuk mendapat tempat prioritas dalam daftar antrean.

Saat ini sudah ada 400 pre-order untuk membeli mobil terbang pertama di dunia. (red)

Sumber: