Keutamaan Wudhu di Rumah Sebelum ke Masjid, Setiap Langkah Menghapus Dosa

Keutamaan Wudhu di Rumah Sebelum ke Masjid, Setiap Langkah Menghapus Dosa

keutamaan wudhu di rumah sebelum ke masjid-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Wudhu menjadi sebuah syariat kesucian yang Allah tetapkan kepada kaum muslimin.

Seorang muslim dianjurkan untuk selalu dalam kondisi bersuci (Wudhu) sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Wudhu bisa dilakukan di rumah maupun di masjid. Namun, yang perlu diketahui, Wudhu di rumah sebelum berangkat ke masjid ternyata lebih utama.

BACA JUGA:Nomor Urut Diubah, Bacaleg Demokrat Bengkulu Selatan Ancam Mundur

Berdasarkan beberapa hadis, setidaknya ada dua keutamaan berwudhu di rumah sebelum ke masjid.

Pertama, setiap langkah akan mendapatkan satu kebaikan, diangkat satu derajat dan satu kesalahan dihapus.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah.

Dimana, Nabi Muhammad SAWB bersabda:

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mantan Kades dan Perangkat Desa di Seluma Ditahan, Ini Kasusnya

صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاةَ

Shalat seorang laki-laki dengan berjamaah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjamaah, maka tidak ada satu langkah pun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya.

BACA JUGA: 5 Macam Hijab Pashmina Yang Wajib Diketahui Kaum Hawa, Dijamin Bikin Tambah Modis dan Hits

Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendoakannya selama dia masih berada di tempat shalatnya; Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti pelaksanaan shalat.

Hadis lain dari riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

وما من رجل يتطهر فيحسن الطهور ثم يعمد إلى مسجد من هذه المساجد إلا كتب الله له بكل خطوة يخطوها حسنة،ويرفعه بها درجة،ويحطّ عنه بها سيئة

Jika seseorang wudhu dengan sempurna, kemudian menuju masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya sebagai satu kebaikan untuknya, mengangkat satu derajat untuknya, dan menghapus satu kesalahan untuknya.

BACA JUGA:Mau Kontenmu FYP ? Ini 7 Trik Agar Viewers Tiktok Meningkat Pesat

Kedua, semua dosanya akan diampuni oleh Allah. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Sayidina Utsman bin Affan, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

من توضأ للصلاة فأسبغ الوضوء ثم مشى إلى الصلاة المكتوبة فصلاها مع الناس أو مع الجماعة أو في المسجد غفر الله له ذنوبه

Siapa yang berwudhu untuk shalat dan dia sempurnakan wudhunya, kemudian dia menuju shalat wajib secara berjemaah bersama orang lain atau di masjid, maka Allah mengampuni semua dosa-dosanya.

BACA JUGA:Dapat 748 Formasi, Pemprov Bengkulu Kaji Anggaran Gaji PPPK

Demikianlah keutamaan wudhu di rumah sebelum berangkat ke masjid. Semoga bermanfaat. (red)

 

Sumber: