Naudzubillah! Buya Yahya Sebut Golongan Ini Dapat Siksa Kubur Hingga Hari Kiamat

Naudzubillah! Buya Yahya Sebut Golongan Ini Dapat Siksa Kubur Hingga Hari Kiamat

Apakah Mandi Junub Bisa Diganti Tayamum? Simak Penjelasan Buya Yahya-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Menurut Buya Yahya, setiap individu akan menghadapi takdir kematian, yang hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Tugas seorang hamba adalah mempersiapkan diri agar bisa menghadapi kematian dengan baik, yaitu dalam keadaan husnul khatimah.

Buya Yahya, yang juga pengasuh LPD Al Bahjah, mengingatkan bahwa harta dan kekayaan yang dikumpulkan selama hidup di dunia tidak dapat dibawa saat kematian.

BACA JUGA:Surah Alquran Ini Menurut Gus Baha Bisa Menyelamatkan Umat Islam dari Siksa Kubur

Meskipun seseorang mungkin memiliki rumah mewah dan mobil mewah, semua itu akan ditinggalkan ketika ia meninggal. Kondisi di alam kubur akan sangat berbeda dengan kehidupan dunia.

Selama di alam kubur, manusia tidak akan dapat berbicara atau memiliki siapa pun yang menemani mereka, termasuk anggota keluarga tercinta seperti pasangan atau anak-anak.

Dikutip dari ceramahnya di YouTube Al Bahjah TV, Buya Yahya menggambarkan 2 kelompok manusia yang akan menghadapi kondisi berbeda di alam kubur, yang dapat menjadi pelajaran bagi mereka yang masih hidup.

BACA JUGA:Masya Allah, Zikir Pendek Ini Diganjar Mati Syahid, Selamat Siksa Kubur, dan Dimudahkan Meniti Shirath

1. Golongan yang Mendapatkan Kenikmatan Surga

Kelompok pertama adalah mereka yang tidak akan merasa takut atau menderita selama di alam barzah.

Mereka akan menikmati kenikmatan surga bahkan sebelum dibangkitkan pada Hari Kiamat. Kelompok ini terdiri dari individu yang selalu melakukan amal saleh dan taat pada perintah Allah SWT.

Buya Yahya menjelaskan bahwa di alam kubur, mereka akan bertemu dengan jelmaan yang berubah menjadi bentuk yang sangat indah dan menakjubkan.

Jelmaan tersebut akan menjelaskan bahwa mereka adalah perbuatan dari amal-amal baik yang pernah dilakukan seseorang saat di dunia.

BACA JUGA:Siksa Kubur Sangat Pedih! 7 Amalan Ini Menjadi Penyelamat dan Penerang Alam Kubur

Misalnya, mereka bisa berwujud sebagai sholat yang pernah dilakukan, kebaikan yang pernah diberikan kepada pasangan, atau pengabdian kepada suami atau istri.

Amal-amal saleh tersebut akan menemani seseorang selama di alam kubur, sehingga mereka tidak akan merasa ketakutan atau cemas ketika malaikat Munkar dan Nakir datang untuk mengajukan pertanyaan. Mereka akan dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kelompok pertama ini akan mendapatkan kenikmatan surga selama di alam kubur dan akan melanjutkan perjalanan mereka di Padang Mahsyar dengan ringan hati.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Ciri Shalat Orang Munafik, Diantaranya Tergesa-gesa

Karena mereka adalah orang baik, mereka tidak akan merasakan kesulitan di Padang Mahsyar dan akan segera masuk surga.

2. Golongan yang Disiksa hingga Hari Kiamat

Sementara itu, kelompok kedua akan mengalami ketakutan yang besar ketika sesuatu yang menakutkan muncul sebelum malaikat Munkar dan Nakir mengajukan pertanyaan.

Sumber: