SKD CPNS 2023 Digelar 4 November, Berikut Kisi-kisi Soal TWK TIU dan TKP Lengkap dengan Jawaban

SKD CPNS 2023 Digelar 4 November, Berikut Kisi-kisi Soal TWK TIU dan TKP Lengkap dengan Jawaban

Bukan 9 Oktober! Pendaftaran PPPK untuk 3 Kelompok Pelamar Ini Ditutup 29 September 2023-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Mengetahui kisi-kisi soal dalam seleksi CPNS 2023 haruslah dikuasai calon peserta dalam seleksi CPNS 2023 yang dibuka pada 17 September 2023.

Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi adminitrasi, peserta akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) yang akan digelar 4-13 November 2023.

Apa itu SKD? SKD adalah ujian pertama yang harus dilalui oleh peserta seleksi CPNS yang dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi peserta dengan standar kompetensi dasar PNS.

BACA JUGA:RESMI! BKN Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Pendaftaran 17 September, SKD 4 November

Mengacui Permen PANRB Nomor 27 Tahun 2021, SKD diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ada 3 materi dalam SKD CPNS.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Mengacu seleksi CPNS tahun sebelumnya, jumlah soal Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK sebanyak 30 soal, yang memuat pengetahuan umum seputar kebangsaan.

Berdasarkan PermenPAN-RB Nomor 27/2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, dan pilar negara.

BACA JUGA:Kisi-kisi Materi Soal SKB CPNS (PDF) 2023, Resmi dari MenPAN-RB

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelegensia Umum atau TIU ada 35 soal. TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, misalnya kemampuan verbal.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Ada 45 soal dalam TKP. Soal TKP memuat soal berupa contoh kondisi/kasus yang dihadapi di lingkungan kerja dan masyarakat.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi CASN Dibuka 17 September 2023, Berikut Cara Buat Akun SSCAN CPNS

Ingat, jumlah soal dalam SKD dalam CPNS 2023 bisa saja terdiri dari 110 butir soal yang dapat dikerjakan dalam waktu 100 menit.

Mereka yang lulus dalam SKD, berhak mengikut seleksi terakhir yakni SKB atau seleksi kompetensi bidang yang digelar non CAT dan CAT.

Karena itulah,  untuk lolos dalam tahap selanjutnya, calon peserta CPNS mulai saat ini menyiapkan diri. Diantaranya mengetahui kisi-kisi soal SKD.

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2023 Digelar 3 Tahap, Adminitrasi, SKB dan SKD, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sumber: