Bukan Hanya Makanan dan Minuman, Karmin Juga Digunakan di Produk Kecantikan, Ini Kodenya

Bukan Hanya Makanan dan Minuman, Karmin Juga Digunakan di Produk Kecantikan, Ini Kodenya

Bukan Hanya Makanan dan Minuman, Karmin Juga Digunakan di Produk Kecantikan, Ini Kodenya-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawar Timur menyatakan penggunaan karmin atau perwarna merah alami yang digunakan dalam industri makanan dan minuman olahan hukumnya haram dan najis.

Hanya saja menurut Ketua PWNU Jawa Timur, DR KH Marzuki Mustamar MAg, penggunaan karmin bukan hanya dalam produk olahan makanan dan minuman saja melainkan juga terkandung dalam produk kecantikan.

BACA JUGA:PWNU Jatim: Es Krim, Yogurt, dan Yakult Berbahan Karmin Haram dan Najis

Warna merah lipstik yang digunakan para kaum perempuan sebagai perias bibir juga diduga berasal dari karmin, kutu atau ulat merah yang hinggap di pohon kaktus.

"Begitu juga lipstik merah. Jika mau beli lipstik merah, mohon dicek. Jika ada nama karmin, mohon jangan dibeli," ujar KH Marzuki.

Menurut KH Marzuki Mustamar, Lembaga Batshul Masail (LBM) Jawa Timur) sudah memutuskan tentang karmin yakni haram dan najis.

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa, Ada 4 Weton Pria yang Mungkin Terlambat Menikah, Ini Penyebabnya

Sebab Karmin adalah kutu atau seperti ulat yang biasanya hinggap di tanaman kaktus. Warnanya merah hati, merah tua.

Di eropa jelas KH Marzuki, karmin dibudidayakan hingga berton-ton jumlahnya. Lalu dipanen. dikeringkan.

Hewan yang besarnya seperti kutu ini lalu digiling dan digunakan untuk campuran zat pewarna makanan olahan, dan produk kecantikan diantaranya lipstik.

BACA JUGA:5 Zodiak Rawan Selingkuh, Cepat Bosan dalam Hubungan Jadi Penyebabnya

"Jadi es krim merah itu biasanya menggunakan karmin. Itu bangkai kutu atau ulat. Yogurt merah, itu pewarna merahnya karmin.

Bisa diketik di google karmin. Nanti akan muncul gambar ulat atau kutu. Lalu yakult wana merah lalu ada tulisan karmin atau kode 120.  Itu zat perwarna merahnya menggunakan ulat karmin," ungkap KH Marzuki.

Sebab itulah, KH Marzuki mengimbau untuk hati-hati dan telit dalam membeli produk makanan dan minuman yang berwarna merah.

BACA JUGA:Susah Jatuh Cinta! 5 Zodiak Ini Berujung Sulit Dapat Pasangan, Capricorn Lebih Selektif

Umat Islam diminta untuk mengecek kandungan pada makanan dan minuman tersebut. "Mau beli es krim merah, beli yakult merah, beli yogurt (susu) merah, mohon diteliti.

Sumber: