6 Jenis Burung Pembawa Rezeki dan Petaka, Mitos atau Fakta?

6 Jenis Burung Pembawa Rezeki dan Petaka, Mitos atau Fakta?

Burung gagak hitam yang dipercaya membawa petaka-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM -  Berhati-hatilah saat memelihara jenis burung berikut ini. Beberapa di antaranya mungkin membawa rezeki, tetapi juga menjadi pembawa petaka.

Banyak orang memelihara burung sebagai hobi. Suara burung yang merdu dan perawatannya yang tidak begitu sulit membuat orang memilih burung sebagai binatang peliharaan.

Namun, tahukah Anda bahwa burung adalah satu-satunya binatang yang dikelilingi oleh banyak mitos dan sejarah?

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Beberapa suku dan negara, termasuk Indonesia, menggunakan burung sebagai lambang kelompok dan persatuan mereka.

Sebelum Anda memelihara burung ini di rumah, kenali dulu jenis burung beserta mitos yang mengelilingi mereka.

1. Burung Kedasih: jenis burung Kecil Pembawa Nasib Buruk

BACA JUGA:Jangankan Saat Dewasa, Prilaku Culas Burung Kedasih Sudah Tampak Saat Baru Menetas

Burung Kedasih atau Sirit uncuing adalah burung langka yang hidup di tengah hutan. Namun, burung ini sering ditemui di perkotaan dan taman terbuka.

Dikenal dengan beberapa nama seperti daradasih dan burung kematian. Sirit uncuing sering dianggap sebagai pembawa berita kematian. Suaranya yang tajam terdengar beberapa jam sebelum ada berita kematian.

2. Walet: Jenis Burung Pembawa Rezeki

Walet merupakan burung pembawa rezeki karena harga sarangnya yang mencapai miliaran rupiah. Sarang burung walet memiliki manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat pencegah dan perawatan kanker.

BACA JUGA:Masya Allah! Kelompok Burung Membentangkan Sayap di Hari Kiamat Bagi yang Rutin Membaca Surah di Alquran Ini

Menurut cerita rakyat Indonesia, kehadiran burung walet di rumah dianggap sebagai pertanda bahwa keluarga tersebut akan mendapatkan rezeki melimpah.

3. Pipit: Jenis Burung Pembawa Tamu Baik dan Buruk

Burung pipit sering ditemui hampir setiap hari di Indonesia. Ada kepercayaan bahwa burung pipit membawa kabar tamu baik dan buruk.

Jika kicauannya terdengar dari kanan rumah, itu pertanda tamu baik akan datang. Namun, jika terdengar dari kiri, tamu yang datang bisa membawa berita buruk.

BACA JUGA:Kicau Mania Harus Tahu! 10 Ciri Bahan Burung Kacer Yang Bakalan Jadi Juara Lomba

4. Burung Koreak: Legenda Sunda Pembawa Kabar Buruk

Burung koreak, atau Serak Jawa, sering dikaitkan dengan kabar buruk dan kematian seseorang. Suaranya yang mengerikan diyakini membawa nasib sial.

Orang yang mendengar suara burung ini disarankan untuk membalikkan badan untuk menghindari nasib buruk.

5. Burung Gagak: Pembawa Kematian Mendadak

BACA JUGA:Peluang Cuan Besar Hobi Tersalurkan, Cara Ternak Burung Kacer Anti Gagal

Burung gagak, dengan bulu hitam mengkilap, adalah salah satu burung paling agresif di dunia. Beberapa suku percaya bahwa gagak adalah pembawa pesan kematian.

Jika burung ini terbang berputar-putar di atas rumah seseorang, itu dianggap sebagai pertanda bahwa salah satu penghuni rumah tersebut akan jatuh sakit parah dan akhirnya meninggal.

6. Burung Pelatuk: Pengetuk Kayu Pembawa Kematian

Burung pelatuk, yang menggemaskan, dirumorkan bisa mendatangkan duka. Menurut legenda Jawa, burung ini dianggap sebagai pembawa berita kematian.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Burung Paling Beracun di Dunia, Kena Bulunya Saja Bisa Gatal Gatal, Habitatnya Dekat Dengan Indon

Namun, mitosnya berbeda di beberapa daerah lain, di mana burung pelatuk dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan peluang baru.

Demikian 6 jenis burung yang dipercaya membawa rezeki dan mendatangkan petaka. Apakah Anda percaya dengan mitos-mitos ini? Tetap berhati-hati dan pertimbangkan dengan bijak sebelum memelihara burung-burung ini di rumah Anda. (red)

Sumber: