Siapkan Modal! 5 Ide Usaha Wisata Pantai Ini Dijamin Menguntungkan

Siapkan Modal! 5 Ide Usaha Wisata Pantai Ini Dijamin Menguntungkan

Ide Usaha Wisata Pantai -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Pantai sudah menjadi lokasi yang dipaling banyak dikunjungi wisatawan. Perputaraan ekonomi di wilayah cukup besar.

Hal ini pastinya bisa menjadi peluang bagi masyarakat sekitar. Namun ide usaha apa saja yang bisa dirintis dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan maksimal, simak artikel berikut ini.

Diketahui, secara geografis, Indonesia adalah negara kepulauan dengan total 17.054 pulau dan garis pantai yang mencapai 99.093 km.

BACA JUGA:5 Ide Usaha yang Paling Dicari! Kerja Cuma 2 Jam, Dibayar Jutaan

Mengingat kondisi ini, Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri pariwisata dengan memanfaatkan keindahan pantainya.

Jika Anda tinggal di daerah pesisir, jangan lewatkan kesempatan ini. Ada banyak peluang bisnis pariwisata pantai yang dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Meskipun sebagian besar bisnis pariwisata pantai didominasi oleh pihak dengan modal besar, jangan putus asa. Masih ada banyak peluang bisnis pariwisata pantai yang belum dimanfaatkan sepenuhnya.

BACA JUGA:Pemilik Tambak Udang di Kaur Mulai Geger, Takut Tambaknya Disegel, Pengusaha Mulai Urus Perizinan

Dengan memanfaatkan sumber daya yang Anda miliki, berikut adalah beberapa ide bisnis pariwisata yang cocok untuk daerah pesisir pantai.

1. Restoran atau Rumah Makan Pantai

Pantai adalah tempat yang penuh dengan aktivitas seru, mulai dari bermain pasir, berenang, berselancar, hingga snorkeling dan menyelam.

Semua kegiatan ini pasti akan membuat pengunjung merasa lapar. Inilah peluang untuk membuka bisnis kuliner seperti restoran atau rumah makan di sekitar pantai. Sajikan hidangan khas laut, dan Anda akan melihat banyak pengunjung yang datang.

BACA JUGA:Pengusaha Tambak Udang Teratai Farm di Kaur Akui Belum Kantongi Izin Pembuangan Limbah

2. Penginapan atau Homestay

Membuka penginapan atau homestay sederhana dengan desain yang unik bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan di daerah pantai.

Pengunjung yang datang ke pantai seringkali berasal dari jauh dan memerlukan tempat menginap. Selain itu, tren staycation yang semakin populer sejak pandemi COVID-19 membuat bisnis ini memiliki potensi besar untuk meraih keuntungan yang signifikan.

3. Sewa Peralatan Wisata Pantai

BACA JUGA:Peluang Bisnis di Bengkulu Prospek Masa Depan, Bisa Mengalahkan Sawit, Ini Jenis Usahanya

Berlibur di pantai tidak lengkap tanpa berenang, berselancar, snorkeling, atau menyelam. Wisatawan yang datang dari jauh tentu tidak membawa peralatan sendiri.

Inilah saatnya Anda memanfaatkan peluang bisnis penyewaan peralatan wisata pantai. Anda dapat menyewakan berbagai peralatan seperti papan selancar, pelampung, dan perlengkapan selam.

4. Sewa Toilet dan Kamar Mandi

Toilet dan kamar mandi adalah fasilitas penting di pantai. Selain digunakan untuk keperluan dasar, mereka juga berfungsi sebagai tempat berganti pakaian dan membersihkan diri setelah bermain di air laut.

BACA JUGA:Lima Peluang Bisnis Skala Besar Paling Cocok Di Bengkulu, Bisa Bikin Kaya Tujuh Turunan, Ini Jenis Usahanya

Sumber: