Pengunaan Sunscreen di Malam Hari Ternyata Bisa Berbahaya, Kenali Risikonya Terhadap Kulit

Pengunaan Sunscreen di Malam Hari Ternyata Bisa Berbahaya, Kenali Risikonya Terhadap Kulit

Pengunaan Sunscreen di Malam Hari Ternyata Bisa Berbahaya, Kenali Risikonya-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Tabir surya atau sunscreen berfungsi untuk menghalangi sinar UV agar tidak dapat menembus lapisan kulit dengan cara memantulkan atau menyerap sinar tersebut.

Penggunaan sunscreen merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit, melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik matahari, hiperpigmentasi, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

BACA JUGA:Tak Buat Kantong Bolong! Berikut 5 Rekomendasi Masker Wajah Kulit Berminyak

Terkait dengan tren baru yang muncul yaitu penggunaan sunscreen malam hari, perlu dipertimbangkan apakah hal ini efektif atau justru bisa berbahaya bagi kesehatan kulit.

Pada dasarnya, tidak diperlukan penggunaan tabir surya di malam hari. Manfaat utama dari tabir surya adalah melindungi kulit dari sinar UV yang berasal dari matahari.

Seiring dengan tidak adanya paparan sinar matahari pada malam hari, penggunaan tabir surya menjadi tidak diperlukan, seperti yang dilansir dari Medical News Today.

BACA JUGA:Perawatan Kulit dengan Masker Jagung: Solusi Sederhana untuk Kulit Cantik

Meskipun pertanyaan ini terdengar sederhana, namun ada beberapa alasan mengapa munculnya kekhawatiran terkait penggunaan tabir surya di malam hari.

Beberapa orang mungkin khawatir terhadap sinar berpotensi berbahaya yang berasal dari layar komputer, ponsel, atau televisi.

Selain itu, ada juga pertanyaan seputar penggunaan pelembab wajah yang mengandung SPF atau bahan-bahan seperti retinol.

BACA JUGA:Kulit Bolong atau Berlubang Akibat Jerawat? Coba Obat Herbal Ini Deh

Pelembab dengan SPF umumnya mengandung bahan-bahan untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga penggunaannya di malam hari menjadi tidak diperlukan.

Sebaiknya gunakan produk yang tidak mengandung bahan yang tidak diperlukan di malam hari.

Penggunaan pelembab dengan tabir surya di malam hari dapat meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori atau iritasi kulit.

Sebagai pengganti, gunakanlah krim atau serum malam hari yang memiliki kandungan nutrisi untuk menghidrasi kulit.

BACA JUGA:Cukup 2 Bahan! Skincare Ala Dr Zaidul Akbar Ini Bisa Bikin Kulit Lembut dan Wajah Kinclong

Kulit cenderung memperbaiki diri pada malam hari, sehingga pemilihan produk yang dirancang khusus untuk malam hari dapat memberikan manfaat optimal bagi kulit.

Jika terdapat kekhawatiran terhadap sinar berbahaya dari perangkat elektronik, lebih baik menggunakan perlindungan layar atau meminimalisir paparan langsung sebelum tidur.

Seiring dengan itu, membersihkan kulit dari sisa-sisa tabir surya atau produk lainnya di malam hari merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit. (red)

Sumber: