Fakta Menarik Lyrebird, Burung Langka Khas Australia yang Mampu Meniru Tangisan Bayi

Fakta Menarik Lyrebird, Burung Langka Khas Australia yang Mampu Meniru Tangisan Bayi

Fakta Menarik Lyrebird, Burung Langka Khas Australia yang Mampu Menirukan Tangisan Bayi-istimewa-

RASELNEWS.COM - Kicauan burung seringkali memiliki efek menenangkan bagi jiwa. Banyak di antara warga yang memilih burung sebagai binatang peliharaan, dengan harga yang semakin tinggi seiring keunikannya.

Namun, bagaimana dengan lyrebird, burung eksotis yang berasal dari benua Australia ini?

lyrebird adalah salah satu spesies burung yang termasuk langka. Di Australia, tempat asal kanguru, lyrebird merupakan salah satu burung yang dilindungi.

Keunikan burung ini terletak pada kemampuannya dalam menirukan berbagai jenis suara, termasuk suara tangisan bayi.

BACA JUGA:Burung Paling Setia Di Dunia, Rela Mati Demi Menjaga Pasangannya Yang Sedang Ngeram, Ini Nama Burungnya

Rekaman dari kebun binatang Taronga di Sydney, New South Wales, Australia, menampilkan kicauan unik lyrebird.

Meskipun merdu, bagi orang tua yang memiliki bayi, kicauannya bisa terasa menusuk hati. Pasalnya, lyrebird mampu menghasilkan suara yang mirip persis dengan tangisan bayi.

Banyak pengunjung kebun binatang yang terkejut saat mendengar suara imitasi lyrebird.

Sebagian ada yang terkecoh dan mencari sumber tangisan bayi yang terdengar menyayat hati tersebut.

Bahkan, orang yang menonton video ini mungkin akan ragu bahwa suara itu berasal dari burung eksotis yang bernama lyrebird.

'BACA JUGA:Burung Unik, Hanya Ada di Bengkulu, Satwa Endemik Pulau Engano Yang Terancam Punah

Lyrebird adalah burung yang dilindungi dengan penampilan yang hampir menyerupai merak. Perbedaannya terletak pada ekornya yang berwarna perak dan memiliki bulu-bulu kecil yang menyerupai dawai harpa. Nama "lyre" (kecapi/harpa) diberikan karena ciri khas bulu burung ini.

Video kicauan unik tersebut diunggah oleh akun Twitter kebun binatang Taronga atau Taronga Zoo pada 30 Agustus 2021. Sejak diunggah di platform tersebut, video itu telah menjadi perbincangan hangat di ranah maya.

"Pasti kamu nggak mau dibangunkan dengan cara seperti ini kan!! Kamu tidak halusinasi, burung lyrebird Echo kami memang mahir menirukan segala suara, termasuk tangisan bayi," tulis pihak Taronga Zoo dalam akun Twitter mereka.

BACA JUGA:Kejamnya Burung Kedasih: Telur Dibuang, Anak Inang Dimakan

Postingan tersebut meraih puluhan ribu likes dan telah di-retweet oleh lebih dari 4 ribu pengguna Twitter. Banyak netizen yang memberikan komentar dan mengungkapkan kagum mereka. Bahkan, beberapa mendukung pernyataan yang disampaikan oleh Taronga Zoo.

"Benar sekali! Lyrebird memang ahli dalam meniru. Mereka mampu menirukan segala hal, mulai dari suara mesin gergaji di hutan hingga tangisan bayi yang mereka dengar di kebun binatang," ungkap @Jeff the Nemophilist merespons postingan Taronga Zoo di platform Twitter mereka.

Video lyrebird yang menirukan suara tangisan bayi ini juga merupakan salah satu cara Taronga Zoo Australia untuk menarik perhatian para pengunjung.

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Langkah ini juga menjadi cara mereka untuk mempertemukan para pengunjung setia dengan binatang-binatang di kebun binatang, yang sudah merindukan kedatangan para pengunjung tersebut. (red)

Sumber: