Merasa Gelisah dan Banyak Pikiran, Gus Baha Saran Baca Doa Ini, Jiwa Tenang, Hati Jadi Tentram

Merasa Gelisah dan Banyak Pikiran, Gus Baha Saran Baca Doa Ini, Jiwa Tenang, Hati Jadi Tentram

Doa agar hati tentam dan hidung tenang-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Banyak permasalahan terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang kadang membuat jiwa menjadi tidak tenang, padahal sudah memanjatkan doa.

Tak jarang pula membuat seseorang menjadi banyak pikiran, bahkan sampai menimbulkan kekhawatiran berlebih, dan akhirnya lupa bahwa masih ada doa.

jiwa yang tenang adalah salah satu kunci kehidupan yang bahagia, sehingga banyak orang yang terkesan mengejar liburan untuk melepaskan diri dari rutinitas.

BACA JUGA:3 Hewan Tanda Akhir Zaman, Gus Baha: Jika Sudah Tak Ada, Kiamat Sudah Dekat

Dengan harapan, liburan, atau mencari kegiatan lain di luar rutinitas akan memberikan ketenteraman batin, ketenangan hati yang diharapkan.

Gus Baha pernah menyinggung soal jiwa yang tenang ini, pada salah satu ceramah dari pengajian rutinnya yang tayang di kanal youtube Santri Gayeng.

Ulama berasal dari Rembang ini mengungkapkan bahwa Allah SWT tidak memberikan takdir bisa bersyukur, kecuali Allah sudah menyediakan tambahan nikmat untuknya.

"Seseorang kok ditakdirkan bisa syukur, artinya, berarti Allah sudah menyediakan untuknya tambahan," ujar Gus Baya.

BACA JUGA:Orang Mati Meninggalkan Utang, Begini Nasibnya di Kelak Akhirat Menurut Gus Baha

Gus Baha mengambil referensi dari Al-Qur'an surah Ibrahim ayat tujuh, yang artinya sebagai berikut:

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu."

Dalam ceramahnya Gus Baha juga menyampaikan bahwa ada orang yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk terus berdoa, tentu itu berarti Allah telah menyediakan pengabulan.

Juga sudah tentu dalam abentuk yang sudah dipilihkan Allah, bukan mengikut pada keinginan seseorang yang memanjatkan doa.

BACA JUGA:Shalat Rajin Tapi Maksiat Jalan Terus, Ini Kata Gus Baha

Menggunakan bahasa jawa Gus Baha mengatakan, "Jika kamu ingin meniru doa yang manjur, ya ini. Tapi kamu pasti tidak suka dengan doa ini karena tidak ada urusannya dengan uang," tuturnya.

Gus Baha mengungkapkan, diriwayatkan sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Ya Allah, aku meminta kepadamu jiwa yang tenang, yang yakin bertemu dengan-Mu,

"Ya Allah, berikan kami rezeki jiwa yang tenang, yang ridha dengan ketetapan-Mu, Engkau menetapkan apa saja kepadaku, aku pasti ridha, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Ciri-ciri Orang yang Didoakan Malaikat, Pantas Saja Rezeki Selalu Mengalir

Untuk mendapatkan jiwa yang tenang, Gus Baha mengatakan untuk meniru doa Nabi ini. Ulama asal Rembang ini juga berpesan agar doa ini dibaca terus agar jiwa menjadi tenang. (red)

Sumber: