Manfaat Bawang Putih untuk Kulit dan Rambut, Begini Cara Menggunakannya dengan Tepat

Manfaat Bawang Putih untuk Kulit dan Rambut, Begini Cara Menggunakannya dengan Tepat

manfaat bawang putih untuk kulit dan rambut-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Benarkah bawang putih bermanfaat untuk kulit dan rambut? bawang putih, bumbu dapur yang sangat umum, ternyata tidak hanya berperan dalam menyempurnakan cita rasa masakan, tetapi juga memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan yang sering luput dari perhatian banyak orang.

Allicin, kandungan kunci dalam bawang putih, menawarkan sejumlah manfaat untuk tubuh yakni kulit hingga rambut.

BACA JUGA:7 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit Wajah

Namun, perlu diketahui bahwa kandungan ini hanya aktif sesaat setelah bawang putih dipotong atau dihancurkan dalam keadaan segar.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan konsumsi bawang putih dalam keadaan mentah agar manfaatnya optimal, meskipun cara ini terdengar aneh.

Tujuannya jelas, agar kita dapat merasakan manfaatnya sepenuhnya. Selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara umum, bawang putih juga memberikan manfaat yang signifikan untuk kulit:

BACA JUGA:Layak Dicoba! Ini 15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Pria, Nomor 3 dan 6 Pasti Bikin Istri Bahagia

1. Mencegah jerawat.

2. Mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

3. Mengurangi stretch marks.

4. Mengobati eksim dan psoriasis.

5. Mengurangi ketombe dan masalah kulit kepala.

6. Merawat kesehatan rambut.

BACA JUGA:15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Manfaat-manfaat ini terkadang luput dari pengetahuan umum. Bawang putih ternyata juga dapat membantu masalah-masalah kulit kepala yang sering mengganggu, seperti rambut rontok dan ketombe.

Meskipun tidak banyak yang mengetahui manfaat ini, ada beberapa yang menganggap bahwa hanya dengan mengonsumsinya sudah cukup.

Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian. Lebih baik jika bawang putih dikonsumsi mentah atau langsung dioleskan pada kulit yang ingin dirawat.

BACA JUGA:Sirih Cina: Kandungan, Manfaat dan Cara Menggunakannya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jika memiliki stretch marks yang mengganggu penampilan, aplikasikan campuran minyak yang sudah dicampur dengan ekstrak bawang putih atau gunakan langsung bawang putih yang sudah dihancurkan dan campurkan dengan tomat.

Resep ini juga bisa digunakan untuk tujuan kecantikan kulit lainnya. Oleskan dengan lembut pada area yang ingin dirawat, seperti stretch marks.

Setelah dioleskan, biarkan selama sekitar 10 menit sebelum membersihkannya dengan air. Selain mengurangi stretch marks, kulit juga akan terasa lebih halus dan bersih.

Sumber: