Walau Harga Tak Sesuai Fitur, Motor 4 Tak Kawasaki Desain Retro Ini Terjual Ribuan Unit

Walau Harga Tak Sesuai Fitur, Motor 4 Tak Kawasaki Desain Retro Ini Terjual Ribuan Unit

Kawasaki W175-istimewa-tangkapan layar youtube tv otomotif

RASELNEWS.COM - Harga tidak sesuai fitur. Itulah yang tergambar pada Motor Kawasaki dengan mesin 4 Tak bergaya retro ini.

Walau saat peluncuran diprediksi tak laku di pasaran, namun motor ini mampu berada di ranking ke-2 sebagai motor terlaris dengan penjualan 8 ribu unit.

Kawasaki W175 namanya. Banyak yang pesimis tentang potensi motor ini untuk laku ketika pertama kali diperkenalkan oleh Kawasaki.

BACA JUGA:Kawasaki Rilis Motor Baru, Cucunya Binter, Tampilan Klasik Modern, Siap Kuasai Pasar Otomotif Tanah Air

Kawasaki memperkenalkan motor gaya retronya ini di Indonesia tahun 2017 dan sempat menimbulkan keraguan di antara para pecinta motor di Indonesia.

Hal ini terkait dengan spesifikasi yang ditawarkan. Meskipun motor ini mengusung tema retro klasik, fitur yang ditawarkan oleh Kawasaki terbilang cukup sederhana.

Misalnya, motor ini masih menggunakan karburator, mesin 4 tak tunggal tanpa radiator, lampu masih menggunakan bola lampu biasa, suspensi depan teleskopik, rem belakang tromol, speedometer analog tanpa RPM, dan bahkan tidak ada indikator bahan bakar.

BACA JUGA:Kawasaki Melawan! Siapkan Motor Bebek Terbarunya, Supra GTR dan Yamaha MX King Bersiap Menepi

Kawasaki menjualnya dengan harga Rp 29,8 juta. Jika dipikir secara logis, dengan harga tersebut dan fitur yang ditawarkan, motor ini mungkin sulit laku.

Namun, Kawasaki tidak sembarangan dalam merilis produknya tanpa target pasar yang jelas.

Mereka menargetkan konsumen yang setia dengan motor retro, dan hasilnya, Kawasaki W175 terjual dengan sangat baik di pasaran, sesuai ekspektasi Kawasaki sendiri.

BACA JUGA:Spesifikasi Kawasaki Z250, Motor Sport Naked Bermesin 2 Silinder dengan Harga Terjangkau

Menurut data yang diungkapkan oleh pihak Kawasaki, sepanjang Januari hingga Desember 2021, sebanyak 8.000 unit W175 terjual, menyumbang 20 persen dari total penjualan Kawasaki di Indonesia pada saat itu.

Meskipun Yamaha XSR155 turut bermain di segmen yang sama, kehadirannya tidak terlalu mempengaruhi penjualan W175.

Bahkan, kesuksesan penjualan motor ini menyebabkan penjualan saudara tuanya, W250 alias Kawasaki Estrella, meredup, dan saat ini motor tersebut sudah tidak dipasarkan lagi oleh Kawasaki Indonesia.

Sumber: