Triumph TF-250X, Motocross Asal Inggris yang Mirip Motor KTM, Segini Banderolnya

Triumph TF-250X, Motocross Asal Inggris yang Mirip Motor KTM, Segini Banderolnya

Triumph TF-250X-istimewa-Tangkapan Layar Youtube Bang Rosi

RASELNEWS.COM - Pabrikan motor Inggris, Triumph, turut meramaikan persaingan di segmen motocross dengan merilis model baru yang diberi label Triumph TF-250X.

Sebelumnya dikenal dengan produk motor Retro, Triumph memasuki segmen ini dengan serius dengan meluncurkan motocross kelas 250 cc ini.

BACA JUGA:Legenda Motor Bebek Honda Kembali Bangkit, Tampilan Lebih Segar dan Sporty, BBM Irit 62 KM/L, Harga Bersahabat

Banyak spekulasi muncul sejak foto dan video motocross ini dirilis pada akhir tahun 2023 lalu, bahwa TF-250X menggunakan basis mesin milik KTM 250 SX-F, mengingat kemiripan tampilan mesinnya.

Namun, pihak Triumph membantah klaim tersebut, menyatakan bahwa mereka tidak mengcopy atau menggunakan platform dari motor lain.

BACA JUGA:Yamaha Serbu Pasar Indonesia, 5 Motor Terbaru Segera Diluncurkan, Honda Mulai Kelimpungan

Triumph TF-250X memang memiliki beberapa kemiripan dengan motocross yang sudah ada, namun menurut mereka, ini adalah hasil dari penggabungan beberapa aspek terbaik dari berbagai motocross dan merevisinya sesuai dengan kebutuhan.

Seiring dengan pengalaman panjang pabrikan motocross seperti KTM dan pabrikan Jepang lainnya di segmen ini, Triumph mengakui adanya pengaruh dari beberapa bagian KTM dan Yamaha dalam desain dan spesifikasi TF-250X.

BACA JUGA:4 Motor Honda Desain Unik di Indonesia, Nomor 4 Seharga 77 Juta dan Paling Populer di Dunia

Mesin Motor Cross TF-250X memiliki kapasitas 249,9 cc single silinder dengan ukuran bor 78 mm dan stroke 52,3 mm, serta menggunakan teknologi injeksi bahan bakar penuh.

Dalam kondisi standar, TF-250X mampu menghasilkan tenaga 47,3 Hp pada 13.000 RPM dengan torsi puncak 28,6 Nm, dan memiliki bobot kering 103,8 kg.

BACA JUGA:Suzuki Hidupkan Kembali Motor Gaya Lamanya, 2025 Suzuki Luncurkan Motor Bergaya Klasik Modern

Selain itu, TF-250X dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti pengereman menggunakan rem brembo, dan berbagai fitur elektronik canggih seperti launch control, engine mode, serta MX tuner Pro yang dapat disesuaikan melalui aplikasi smartphone.

Traction control, quick shifter, dan 10 mapping engine merupakan fitur opsional yang ditawarkan.

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan Motor Bebek Trail Seharga 9 Juta, Honda dan Yamaha Mulai Ketar-Ketir

TF-250X hadir dengan harga mulai dari $7.995 atau sekitar Rp 156 juta.

Motor Cross ini akan tampil dengan grafis hitam-putih-kuning sebagai identitasnya, dan akan berkompetisi di ajang balap seperti AMA Supercross dan MXGP World Championship musim 2024.

BACA JUGA:Motor Matic Terbaru Resmi Meluncur! Mesin Setangguh Vario 125, Harga Setara Honda Beat

Sumber: