Meski Enak dan Nikmat, Sayuran Ini Baiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Berikut Daftarnya

Meski Enak dan Nikmat, Sayuran Ini Baiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Berikut Daftarnya

Sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita kolesterol-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Berikut ini daftar sayuran yang enak dan nikmat dikonsumsi tapi sebaiknya tidak dikonsumi bagi penderita kolesterol.

Kolesterol sendiri adalah zat esensial berbentuk lilin yang mirip lemak dan sangat dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tepat untuk menjaga fungsi sel-sel tubuh.

Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu LDL atau lipoprotein densitas rendah yang sering disebut sebagai kolesterol jahat, dan HDL atau lipoprotein densitas tinggi yang merupakan kolesterol baik.

BACA JUGA:Oalah...7 Sayuran Ini Dapat Menyebabkan Asam Urat, Baiknya Dihindari Ya!

Tingginya kadar LDL dalam darah, yang dikenal sebagai hiperkolesterol atau dislipidemia, adalah kondisi yang umum dialami oleh penderita kolesterol.

Ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol karena mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL dalam darah, yang pada akhirnya meningkatkan risiko kesehatan.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Sayuran Terbaik untuk Usia 50+, Hidup Sehat Tulang Tetap Kuat

Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol:

1. Edamame

Edamame merupakan jenis kacang polong yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Cara pengolahan edamame, seperti dikukus, direbus, atau dipanggang dengan bumbu-bumbu, dapat memengaruhi kandungan lemak jenuhnya.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Sayur, Ini 6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Cegah Serangan Penyakit Ini

2. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, namun pengolahan jagung dengan cara dibakar atau dipanggang dengan mentega dapat meningkatkan kadar lemak jenuhnya.

3. Kentang

Kentang yang digoreng dalam minyak panas mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi, sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol.

BACA JUGA:Selain Konsumsi Buah dan Sayur, Begini Tips Tetap Cantik dan Sehat di Usia 30 Tahun

4. Kembang kol

Kembang kol mengandung serat dan protein dalam kadar tinggi, namun memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi juga. Pengolahan kembang kol dengan cara digoreng dalam minyak sebaiknya dihindari.

5. Bayam

Sumber: