Harus Tahu, Ini Alasan Motor Mesin 2 Tak Perlu Oli Samping

Harus Tahu, Ini Alasan Motor Mesin 2 Tak Perlu Oli Samping

Inilah Alasan Mesin 2 Tak Perlu Oli Samping-istimewa-tangkapan layar youtube iksan bz spd

RASELNEWS.COM - Mungkin beberapa dari Anda masih bertanya-tanya mengapa mesin motor 2 Tak memerlukan oli samping, sementara motor 4 Tak tidak menggunakan oli samping sama sekali.

Lantas apa yang membuat mesin dua tak ini membutuhkan oli samping?

Perlu diketahui, oli samping berfungsi sebagai pelumas, baik itu oli samping maupun oli mesin, tetapi mengapa mesin dua tak membutuhkan pelumasan terpisah?

BACA JUGA:Meski Paling Jadul, Penjualan KLX150 Kawasaki Tetap Paling Laris Manis, Ini Alasannya

Untuk memahaminya, tentnya perlu diketahui tentang konstruksi blok silinder pada mesin dua tak.

Blok silinder pada mesin dua tak dan empat tak sangatlah berbeda. Blok silinder pada mesin empat tak biasanya mulus atau rata tanpa adanya saluran, sementara pada mesin dua tak, terdapat banyak lubang.

Lubang-lubang ini digunakan sebagai tempat keluar dan masuk material pembakaran. Material seperti bensin dan udara keluar dan masuk pada waktu tertentu pada mesin empat tak.

BACA JUGA:Kabarnya AHM akan MengeSAFkan Seluruh Rangka Motor Matic Honda di Indonesia, Caranya?

Namun, pada mesin dua tak, material pembakaran langsung terhubung dan terbakar karena melibatkan ruang engkol dalam mekanisme pemekarannya.

Jika kita membahas bagaimana pembakaran terjadi pada mesin dua tak, campuran udara dan bensin dari karburator tidak langsung menuju ke ruang bakar.

Mereka masuk ke ruang engkol terlebih dahulu. Ketika piston bergerak ke bawah, campuran tersebut terdorong masuk ke ruang bakar melalui saluran transfer.

BACA JUGA:Apa yang Membuat Mesin Blue Core Yamaha Begitu Hebat? Ini Penjelasannya

Setelah itu, pemekaran terjadi karena mekanisme pembakaran mesin melibatkan ruang engkol. Oleh karena itu, ruang engkol harus bersih tanpa ada oli, karena jika ada, akan terbawa oleh aliran udara ke ruang bakar dan menguras oli dalam waktu yang singkat.

Namun, poros engkol dan silinder juga memerlukan pelumasan. Oleh karena itu, ada sistem pelumasan sekunder yang biasa disebut sebagai oli samping.

Oli samping fokus untuk melumasi silinder dan poros engkol. Bagaimana cara oli samping menjangkau area tersebut?

Oli samping dicampurkan ke dalam aliran udara intake. Tangki oli samping terhubung dengan pompa yang terhubung dengan poros engkol mesin.

BACA JUGA:Lebih Baik Mana Motor Mesin 4 Tak atau 2 Tak?

Debit pompa dipengaruhi oleh kecepatan mesin. Pompa akan memompa oli samping dari tangki ke intake manifold.

Sumber: