CATAT! Seluruh Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Gratis Biaya Parkir, Kadispar: Kalau Ada, Itu Pungli

CATAT! Seluruh Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Gratis Biaya Parkir, Kadispar: Kalau Ada, Itu Pungli

ILUSTRASI: Petugas parkir di Bengkulu Selatan menggunakan rompi yang menjadi identitas resmi juru parkir-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pungutan parkir masih sering dikeluhkan masyarakat saat berkunjung ke tempat wisata.

Nah, bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kabupaten Bengkulu Selatan tidak perlu khawatir dipungut biaya parkir. Sebab seluruh tempat wisata di Bengkulu Selatan gratis biaya parkir.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan, Rendra Febrianto, S.S, M.Si. Rendra menegaskan jika tidak ada pungutan parkir bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata.

BACA JUGA:Tahun 2024, Parkir Pantai Panjang Bengkulu Gunakan Sistem Elektronik

Pihaknya tidak pernah melegalkan pungutan biaya parkir di tempat wisata. Artinya kalau ada pihak yang menarik biaya parkir dari pengunjung tindakan itu illegal, bisa diproses secara hukum.

"Seluruh tempat wisata gratis biaya parkir. Seperti pantai pasar bawah, air terjun geluguran, lubuk langkap, dan lokasi wisata lainnya.

Soalnya tidak ada kontrak parkir yang resmi dengan Pemda. Tidak ada PAD yang masuk dari parkir tempat wisata. Kalau ada pihak yang menarik parkir di tempat wisata, itu illegal atau pungli," ujar Rendra.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, Ada Lowongan Auto Banjir Pelamar

Kalau tahun sebelumnya, tempat wisata yang ditarik biaya parkir adalah Pantai Pasar Bawah, namun khusus tahun 2024 parkir di tempat wisata andalan Bengkulu Selatan itu tidak dikelola daerah untuk menambah PAD.

Alasannya karena belum ada regulasi atau aturan yang jelas untuk dijadikan dasar menarik parkir di tempat wisata tersebut.

Rendra berharap gratisnya biaya parkir dapat menjadi salah satu pemikat wisatawan berkunjung ke tempat wisata. Banyak tempat wisata yang bisa dijadikan lokasi untuk berlibur atau sekedar menghilangkan kepenatan selama sepekan beraktivitas. 

BACA JUGA:Tarif Parkir Mobil Rp3 Ribu Ditarik Rp10 Ribu, Polisi Dalami Dugaan Pungli Parkir Pantai Pasar Bawah

Wisata laut ada pantai pasar bawah, pantai batuh puti di Kecamatan Bunga Mas, pantai Muara Kedurang, dan pantai Janda Bolong di Pino Raya.

Ada juga beberapa tempat wisata alam, misalnya air terjun geluguran dan air terjun ayik tenam di Kecamatan Ulu Manna. Pemandian Lubuk Langkap dan Batu balai di Kecamatan Air Nipis serta taman bunga Raflesia di Desa Batu Ampar Kedurang. (yoh)

Sumber: