Selain Cantik, Bunga Telang Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Begini Cara Meracik Teh Bunga Telang

Selain Cantik, Bunga Telang Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Begini Cara Meracik Teh Bunga Telang

Manfaat dan cara meracik Bunga Telang menjadi teh untuk kesehatan-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Saat pagi atau sore hari yang mendung, menyeduh teh hangat sambil bersantai pasti menjadi aktivitas favorit bagi Anda yang menyukai teh, salah satunya dari Bunga Telang, tanaman cantik dan kerap menghiasi pagar rumah. 

Menyeduh teh di pagi hari memiliki manfaat seperti meningkatkan konsentrasi dan memberikan sensasi hangat yang membuat Anda nyaman memulai hari.

BACA JUGA:Manfaat dan Bahaya Biji Pepaya untuk Kesehatan

Tak ketinggalan, minum Teh di sore hari juga dapat membantu melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Dan salah satu varian teh yang sedang populer itu adalah Teh Biru atau Teh Bunga Telang, yang terkenal karena warnanya yang unik dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Teh Bunga Telang berasal dari tanaman merambat yang biasanya ditemukan di pekarangan rumah atau tepi hutan. Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea dan sering digunakan sebagai pewarna alami makanan atau minuman.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Rebusan Daun Salam, Mengandung Antioksidan dan Membantu Turunkan Gula Darah

Bunga Telang juga dikenal sebagai Edible flower yang bisa dimakan langsung atau digunakan sebagai hiasan pada sajian makanan.

Teh Bunga Telang mengandung banyak antioksidan, peptida, dan flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk reproduksi, perawatan kulit, dan rambut.

Berikut Manfaat Teh Bunga Telang untuk kesehatan tubuh lainnya:

BACA JUGA:Meski Banyak Manfaat, Ternyata Buah Naga Juga Punya Efek Samping, Hentikan Jika Timbul Gejala Ini

1. Mengandung senyawa antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membahayakan kesehatan.

2. Membantu mengatasi berbagai masalah mata, seperti meredakan kemerahan dan pembengkakan pada infeksi mata.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam kulit.

4. Membantu mengatasi masalah rambut, seperti rambut rontok dan uban, dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

BACA JUGA:10 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

5. Membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, serta mengatur nafsu makan.

Untuk menyeduh Teh Bunga Telang, Anda perlu mengeringkan bunga Telang terlebih dahulu. Kemudian, seduh dengan air panas dan tambahkan pemanis seperti madu serta perasan lemon sesuai selera.

Sumber: