Renyah dan Gurih! Ini Manfaat Lain Kerupuk Ikan Daun Kelor Palembang Bagi Kesehatan

Renyah dan Gurih! Ini Manfaat Lain Kerupuk Ikan Daun Kelor Palembang Bagi Kesehatan

kerupuk atau keplang daun kelor-istimewa-tangkapan layar youtube redaksi paltv

RASELNEWS.COM - Kerupuk atau kemplang Palembang sudah sangat terkenal. Selain renyah, makanan yang wajib Anda dinikmati ketika di kota terbesar di Provinsi Sumatera Selatan ini juga gurih.

Biasanya kuliner satu ini hanya terbuat dari ikan dan tepung. Namun, seorang pengusaha kemplang di Palembang, Asni, mencoba memodifikasinya dengan tambahan daun kelor.

Dilansir jppn.com, Asni, penjual kerupuk ikan daun kelor, menjelaskan bahwa ide membuat kerupuk ikan dengan daun kelor berasal dari banyaknya daun kelor yang tumbuh di pekarangan rumahnya.

BACA JUGA:Kandungan Gizi Daun Kelor Ternyata Baik untuk Burung Murai Batu, Ini 7 Manfaatnya

"Daripada terbuang, lebih baik dimanfaatkan untuk membuat kerupuk ikan daun kelor," kata Asni. Seperti kerupuk pada umumnya, kerupuk ikan daun kelor ini memiliki rasa yang enak dan gurih.

"Rasanya juga enak, tidak kalah dengan kerupuk pada umumnya," ungkap Asni. Selain enak, kerupuk ikan daun kelor juga memiliki manfaat kesehatan.

Proses pembuatan kerupuk ikan daun kelor pun mirip dengan kerupuk ikan lainnya. Dikatakan Asni, bahan utama dalam kuliner asli Palembang ini adalah ikan giling, lalu dicampur dengan daun kelor yang sudah dihaluskan.

BACA JUGA:Cara Membuat dan Menggunakan Masker Wajah Alami Daun Kelor untuk Kulit yang Cerah dan Berseri

Tambahkan air, tepung tapioka, serta garam, kemudian diuleni dan dibentuk seperti pempek lenjer. Adonan kemudian dipotong tipis dan dijemur sampai kering, biasanya sekitar empat jam.

"Terakhir, goreng hingga mekar, lalu dikemas," terang Asni.

Kerupuk ikan daun kelor Asni dijual dengan harga relatif murah, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. (and)

Sumber: