Jelang Idul Adha, 35 Warga Wayhawang Kaur Dapat BLT

Jelang Idul Adha, 35 Warga Wayhawang Kaur Dapat BLT

Pemdes Wayhawang saat menyalurkan BLT kepada yang berhak beberapa hari yang lalu-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Menjelang perayaan Idul Adha tahun ini sebanyak 35 warga Desa Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten KAUR, Bengkulu mendapat kucuran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dana itu berbarengan dengan pembayaran penghasilan tetap (sitap) perangkat desa dan BPD.

"Sudah kita kucurkan ada 35 warga yang mendapat BLT di Wayhawang," kata Kades Wayhawang Ahmad Marzuki, S.Pd, M.Pd kepada Raselnews.com Sabtu (15/6/2024).

BACA JUGA:Alhamdulillah, BLT Rp 900 Ribu Cair, Bukan Bantuan untuk KPM PKH dan BPNT

Dia menyebut 35 warga yang berhak itu tentu masuk dalam kategori penerima BLT, ada beberapa kriteria diantaranya lansia dan tidak mampu.

Total dana yang dibayarkan sebesar Rp 31.500.000. Di mana setiap orang mendapat kucuran dana sebesar Rp 900 ribu untuk April, Mei dan Juni.

"Perbulannya Rp 300ribu dikali ketiga bulan, ini kali kedua kita mengucurkan BLT pada tahun ini," tambah kades.

Sedangkan untuk honorarium lainnya juga sudah dikucurkan oleh pihaknya. Termasuk juga gaji BPD dan perangkat desa.

BACA JUGA:Penyaluran BLT El Nino Tidak Merata? Bengkulu Selatan Belum Kebagian, Ini Keterangannya

Khusus BLT diharapkan dana ini benar-benar dapat menunjang kebutuhan masyarakat yang membutuhkan. Apalagi menjelang Idul Adha tentu banyak kebutuhan.

"Dengan adanya uang tunai ini semoga dapat menopang kebutuhan keluarga, memang nominalnya tidak terlalu besar tapi diharapkan dapat membantu kebutuhan penerima," tambahnya.

Secara garis besar BLT memang peruntukkannya, bagi masyarakat yang kurang mampu. Dengan harapan dapat menopang ekonomi warga atau memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan BLT PIP hingga Rp1 Juta, Cukup Login Lewat NISN dan NIK

Penyalurannya sendiri diserahkan langsung di balai desa belum lama ini dan disaksikan oleh sejumlah pihak terkait, mulai dari PLD, Babinkamtibmas dan juga Babinsa setempat.

Sementara untuk tahap ketiga akan dikucurkan nanti pada tiga bulan kedepannya. "Kita rencanakan empat tahap satu kali penyaluran untuk tiga bulan," tutup kades.(jul)

Sumber: