Mau Buat Akta Kelahiran? Ini Syaratnya, Warga Bengkulu Selatan Wajib Tahu

Mau Buat Akta Kelahiran? Ini Syaratnya, Warga Bengkulu Selatan Wajib Tahu

Syarat Buat Akta Kelahiran di Bengkulu Selatan-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Mungkin selama ini masih banyak masyarakat di Kabupaten BENGKULU SELATAN yang belum mengetahui persyaratan untuk mengurus pembuatan akta kelahiran.

Sebagian masyarakat tidak punya waktu luang datang ke Dinas Dukcapil untuk bertanya persyaratan pembuatan akta.

Akibatnya dokumen kependudukan itu tidak kunjung diurus atau dibuat. Padahal akta kelahiran sangat penting.

Ternyata, persyaratan pembuatan akta kelahiran tidak rumit dan tidak banyak yang perlu disiapkan. Cukup melampirkan beberapa dokumen kependudukan. Proses mengurusnya pun mudah.

Adapun dokumen yang wajib dilampirkan untuk mengurus pembuatan akta kelahiran yakni, fotokopi buku nikah, fotokopi KTP suami dan istri, surat kelahiran bidan asli.

Fotokopi ijazah orang tua anak, fotokopi KTP dua orang saksi (misalnya fotokopi KTP orang tua atau anggota keluarga lain dari pihak suami atau istri).

Jika semua persyaratan tersebut sudah lengkap, maka langsung datang ke Dinas Dukcapil, temui petugas atau ke loket khusus pelayanan pembuatan akta kelahiran.

Proses pembuatan akta tidak lama, dalam waktu satu hari akta langsung jadi. Pihak Dinas Dukcapil selalu membuka pelayanan pada hari dan jam kerja.

"Pelayanan bagi masyarakat yang mau mengurus dokumen kependudukan selalu stand by. Silahkan langsung datang ke kantor kami, semua pelayanan gratis. Kami akan beri pelayanan yang prima," kata Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Lismanto Bayu. (yoh)

Sumber: