NGERI! Penyakit Ini Mengancam Anda Saat di Toilet Umum, Begini Cara Mencegahnya

NGERI! Penyakit Ini Mengancam Anda Saat di Toilet Umum, Begini Cara Mencegahnya

penyakit dan virus di toilet umum-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Toilet umum menjadi fasilitas bagi siapa saja yang ingin membuang hajat. Siapapun boleh menggunakannya.

Sarana ini tentunya sangat membantu saat Anda berada di luar rumah. Saat ini, toilet umum sudah banyak dikelola dengan baik.

Misalnya tempat peristirahatan atau rest area. Di mana, di toilet umum terdapat petugas yang selalu membersihkan kamar mandi dan lantai demi kenyamanan Anda.

BACA JUGA:Waspada! Banyak Penyakit Mengintai Anak dengan Obesitas,Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hanya saja, meski sudah mendapat perlakukan yang baik, bukan berarti toilet umum bebas akan kuman. Sejumlah penyakit justru mengancam Anda.

Pencegahan menjadi kunci utama. Bakteri seperti E. coli, Streptococcus, Staphylococcus, dan Shigella dapat ditemukan di permukaan toilet yang terkontaminasi oleh feses.

E. coli dapat menyebabkan diare berdarah dan kram perut, sementara Shigella dapat menyebabkan diare, kram perut, dan disentri.

BACA JUGA:Penderita Penyakit Ini 'Haram' Minum Jahe, Nih Penyebab dan Risikonya

Streptococcus dapat menyebabkan infeksi tenggorokan dan kulit, sedangkan Staphylococcus bisa menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, dan keracunan makanan.

Selain bakteri, virus juga dapat menginfeksi. Virus seperti flu biasa mungkin hanya bertahan sebentar, tetapi virus seperti influenza neurovirus dapat bertahan berhari-hari di toilet umum.

Hepatitis A dapat menular melalui kontak dengan feses yang terdapat di dudukan toilet.

Untuk mencegah penularan penyakit dari toilet umum, penting untuk menggunakan pembersih tangan saat menyentuh permukaan toilet, menutup dudukan toilet sebelum digunakan, dan mencuci tangan secara menyeluruh setelah menggunakan toilet.

BACA JUGA:Selain Obat Antibiotik, 8 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Tipes

Disarankan selalu bawa tisu toilet jika tidak tersedia di toilet untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri. (and)

Sumber: