Presiden Jokowi Intruksikan Bantuan Tunai dan Non Tunai Terus Dilanjutkan! Cek Bansos Cair Bulan Ini

Presiden Jokowi Intruksikan Bantuan Tunai dan Non Tunai Terus Dilanjutkan! Cek Bansos Cair Bulan Ini

Jokowi Intruksikan Bantuan sosial tetap dilanjutkan -Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Sebelumnya, Presiden atau Jokowi meminta agar bantuan sosial seperti Bansos pangan, PKH, dan BLT diteruskan dan dipantau agar tepat sasaran.

Memasuki akhir masa jabatannya, Presiden meminta jajaran kementerian dan lembaga tetap waspada terhadap dinamika geopolitik global yang penuh dengan ketidakpastian.

Presiden memerintahkan jajarannya untuk melanjutkan pemberian berbagai bantuan sosial di tahun 2024, namun Jokowi juga meminta agar penyaluran dapat dipantau agar tepat sasaran.

BACA JUGA:Duhhh, Bansos Pemegang KKS Kategori Ini Tak Bisa Cair, Ini Sebabnya

Bantuan sosial diberikan agar harga terkendali dan kerawanan pangan teratasi.

Pemerintah hadir memberikan perlindungan sosial secara langsung. Presiden langsung turun tangan menyalurkan bantuan yang dijadwalkan sepekan ini.

Bantuan sosial yang terpantau cair dan juga kegiatan pembagian bantuan yang langsung disalurkan oleh Presiden sebagai kegiatan resmi di setiap kunjungan kerja di daerah-daerah.

BACA JUGA:Info Terbaru! Bansos BPNT untuk 20 Kabupaten/Kota, Saldo PKH BPNT Susulan Periode Juli - Agustus

Selain itu, informasi mengenai bantuan-bantuan sosial yang dijadwalkan salur terpantau hari ini hingga akhir bulan Juli 2024.

Perlu di pahami bahwa bantuan pemerintah itu ada yang dianggarkan dalam APBN sebagai anggaran perlindungan sosial berupa program-program yang penyalurannya sudah terjadwal, dan ditujukan kepada target penerima yang sudah diverifikasi dan tervalidasi, baik data di DTKS maupun data P3KE.

Misalnya, bantuan PKH, BPNT, PIP, PBI, dan lain-lain.

Sedangkan untuk bantuan presiden atau Banpres, menurut Sri Mulyani, bantuan kemasyarakatan dari Presiden bukan merupakan bagian dari perlinsos.

BACA JUGA:Pemerintah Siap Cairkan Pengganti BLT MRP 600 Ribu dengan Bansos Ekstra untuk Pencairan 3 Bulan

Anggaran untuk kunjungan Presiden Jokowi dan anggaran untuk bantuan kemasyarakatan dari Presiden itu berasal dari dana operasional presiden yang berasal dari APBN.

Selain bantuan berupa barang, Presiden juga memberikan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM saat kunjungan ke pasar-pasar tradisional.

Beberapa bantuan sosial oleh pemerintah menjadwalkan bulan Juli ini sebagai bulan penyaluran bantuan sosial dari berbagai lembaga dan kementerian yang terlibat dalam penyaluran bantuan-bantuan sosial.

Baik yang bersifat reguler maupun bantuan langsung tunai dan non-tunai karena adanya dampak kebencanaan dan peristiwa tertentu.

BACA JUGA:Penerima KIP 2024 Tersenyum! Ada Kenaikan dan Pencairan KIP 3 Kali Setahun Plus Bansos BLT Pelajar 4 Kali

Berikut beberapa bantuan yang dicairkan di bulan Juli dan diperkirakan terus disalurkan hingga akhir bulan ini yaitu:

1. Bansos dari program kegiatan intervensi kerawanan pangan: Sebanyak 45.000 paket bantuan pangan akan disalurkan sejak 12 Juni hingga 31 Juli 2024 bertepatan dengan tahun ajaran baru untuk membantu alokasi biaya pendidikan.

Sumber: