Meski Bukan Penyakit, Vertigo Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Mengatasinya!

Meski Bukan Penyakit, Vertigo Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Mengatasinya!

Vertigo Bukan PEnyakit, Ini penyebab dan cara menanganinya!-Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan sensasi pusing berputar, seolah-olah lingkungan sekitar kita berputar, bahkan bisa membuat kita terjatuh, mual, dan muntah.

Vertigo dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengobati dan mencegah vertigo?

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, 7 Kebiasaan Ini Dapat Sembuhkan Asam Lambung, Tanpa Harus Minum Obat!

Vertigo adalah kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan di dalam tubuh. Keseimbangan ini diatur di pusat keseimbangan di vestibulum.

Biasanya, pada vertigo, lingkungan seperti terlihat berputar, pandangan menjadi kabur atau tidak jelas, disertai dengan pusing, sakit kepala, mual, dan muntah.

Penyebab vertigo bervariasi dan bisa dikategorikan menjadi dua jenis yaitu: vertigo perifer dan vertigo sentral.

Vertigo perifer terjadi karena masalah di telinga bagian dalam atau syaraf vestibular yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.

BACA JUGA:Sariawan Mengganggu? Berikut Daftar Obat Sariawan di Apotek, Tanpa Resep Dokter, Efektif Menyembukan

Penyebab umum vertigo perifer adalah BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo), di mana partikel kecil di telinga atau otolit bergerak ke area yang salah, menyebabkan gangguan keseimbangan.

Selain itu, vestibular neuritis atau peradangan pada syaraf di telinga bagian dalam, biasanya disebabkan oleh virus, juga bisa menyebabkan vertigo.

Penyakit Meniere juga mempengaruhi telinga bagian dalam atau syaraf vestibular, yang bisa disebabkan oleh cedera atau penyebab lainnya.

BACA JUGA:Buah-buahan Ini Tidak Boleh Dimakan Sebelum dan Setelah Minum Obat, Ada Efek Sampingnya, Apa Saja?

Sedangkan vertigo sentral diakibatkan oleh permasalahan di susunan saraf pusat di otak, seperti stroke, adanya massa atau tumor, multiple sclerosis, penggunaan obat tertentu, stres, dan peningkatan asam lambung.

Sebenarnya, vertigo bukanlah penyakit melainkan tanda atau gejala dari penyakit tertentu.

Misalkan, vertigo yang disebabkan oleh susunan saraf pusat yang bermasalah harus dicari tahu penyebab dasarnya agar dapat diterapi dengan tepat dan vertigo tidak berulang.

BACA JUGA: Ampuh! 9 Obat Penurun Panas Demam Secara Alami, No 5 Semua Pasti Suka

Meskipun vertigo biasanya tidak mengancam jiwa, kondisi ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan signifikan.

Vertigo bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius seperti stroke, tumor, atau infeksi telinga.

Jika kamu sering mengalami vertigo, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sumber: