Pendaftaran CPNS Kemenag 2024 Dibuka Mulai 1 September, Ini Formasi yang Tersedia

Pendaftaran CPNS Kemenag 2024 Dibuka Mulai 1 September, Ini Formasi yang Tersedia

Pendaftaran CPNS Kemenag 2024 Dibuka Mulai 1 September, Ini Formasi yang Tersedia-Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) resmi membuka pendaftaran CPNS 2024 mulai 1-14 September. Sebanyak 20.772 formasi disediakan, dengan 5.915 formasi khusus untuk lulusan Ma'had Aly.

“Kami berkomitmen memberikan akses bagi santri Ma'had Aly untuk mengikuti seleksi CPNS Kemenag.

Untuk lulusan Ma'had Aly, ini merupakan  pertama kalinya dilakukan,” kata Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di Jakarta, Minggu 1 September 2024.

BACA JUGA:Update CPNS 2024: Jumlah Pelamar Tembus 1,3 Juta, Instansi Tetap Saja Sepi Pendaftar

BACA JUGA:Update Jumlah Pelamar CPNS 2024 Terbanyak dan Paling Sepi Peminat

Selain untuk lulusan Ma'had Aly, Kemenag juga memberikan akses bagi penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri Kalimantan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu kami juga menyiapkan formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude. “Seleksi CPNS ini dirancang untuk Kemenag yang ramah disabilitas dan mendukung kemajuan IKN,” tambah Yaqut.

BACA JUGA:Pilihan Utama Untuk Pendaftaran CPNS 2024! Ini Dia 8 Instansi Dengan Tunjangan Tertinggi!

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024 Kemenkes! Ada 26.902 Formasi untuk SMA dan SMK hingga Sarjana, Bidan Terbanyak

Sekretaris Jenderal Kemenag, Ali Ramdhani, merinci formasi untuk lulusan Ma'had Aly, antara lain: 3.714 formasi Penghulu, 1.398 formasi Penyuluh Agama Islam, 12 formasi Guru Ilmu Tafsir, 686 formasi adalah Pengawas Jaminan Produk Halal, 71 formasi untuk Pentasih Al-Qur'an, selanjutnya 34 formasi sebagai Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

Selain itu terdapat juga 418 formasi untuk penyandang disabilitas, 559 formasi untuk khusus putra/putri Papua, 1.040 formasi khusus bagi putra/putri Kalimantan, dan 138 formasi untuk lulusan terbaik atau cumlaude,” jelas mentri agama.

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024 Kementerian Pertanian! Lulusan SMK Merapat, Download Link di Sini

BACA JUGA:RESMI! Link Download CPNS Kemenko Polhukam 2024: Ada 86 Formasi, Berikut Rinciannya

Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag, Wawan Djunedi, menambahkan formasi lulusan terbaik diperuntukkan bagi pelamar yang berpredikat cumlaude dengan jenjang pendidikan minimal Sarjana (S-1), dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

Formasi ini juga berlaku bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri setelah penyetaraan ijazah dan pengakuan predikat "dengan pujian" atau cumlaude dari kementerian terkait.

BACA JUGA:Link Download CPNS Kementerian ATR/BPN 2024: Ada 1.336 Formasi, Lengkapi Dokumen Berikut Ini

BACA JUGA:RESMI! Link Download Formasi dan Syarat CPNS KemenPUPR 2024! Alokasi 6.388, Pendaftaran Hingga 2 September

Khusus bagi pelamar formasi penyandang disabilitas, para pelamar wajib melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menjelaskan jenis dan derajat disabilitasnya.

Sumber: