Gara-gara Merek, Motor Balap Asal Italia Ini Tak Laku di Indonesia, Padahal Dijual Murah

Gara-gara Merek, Motor Balap Asal Italia Ini Tak Laku di Indonesia, Padahal Dijual Murah

Gara-gara Merek, Motor Balap Asal Italia Ini Tak Laku di Indonesia, Padahal Dijual Murah--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Meski dijual harga murah, motor balap asal Italia ini tetap saja tak laku di pasar otomotif Indonesia. Padahal motor ini memiliki suara knalpot yang mencirikan motor mahal.

Bagi pecinta otomotif, khususnya motor, banyak yang mendambakan suara motor yang khas Suara seperti ini sangat diinginkan karena biasanya hanya dimiliki oleh motor-motor dengan harga mahal.

Misalnya ZX-25RR yang meskipun paling terjangkau, harganya tetap di atas Rp100 juta. Dengan pendapatan rata-rata tahunan di bawah Rp100 juta, banyak orang Indonesia hanya bisa bermimpi memiliki motor dengan suara seperti itu.

BACA JUGA:Honda Blade, Motor Balap yang Sudah Karatan, Menjela Jadi Kendaraan Bapak-bapak

BACA JUGA:Motor Mahal Singkirkan Dulu, Suzuki Bangkit Dengan Motor Harga Murah, Honda Beat Kalah

Selain suara yang merdu, motor-motor buatan Italia juga menjadi impian bagi banyak orang karena kesan keren, menawan, dan fancy yang melekat pada produk-produk Italia.

Sayangnya, motor Italia umumnya sangat mahal, sering kali setara dengan harga mobil. Bagi yang belum punya cukup uang, motor Italia hanya sebatas impian.

Namun, bagaimana jika ada motor Italia dengan suara mirip empat silinder dan harga terjangkau yang tersedia di Indonesia tanpa perlu impor? Di atas kertas, motor seperti itu pasti akan laku keras. Tapi kenyataannya, motor tersebut kurang diminati. Adalah Benelli.

BACA JUGA:Skutik Yamaha 150 CC Ini Jadi Rival Honda Beat Street, Berdesain Motor Italia, Stang Ala Motor Naked

BACA JUGA:Motor Sport Naked Produk Italia Siap Meluncur, Mesin 500 CC, Harga?

Benelli adalah salah satu merek motor tertua di dunia, didirikan pada tahun 1911. Awalnya hanya sebuah bengkel di Pesaro, Italia, yang kemudian berkembang menjadi produsen motor.

Pada tahun 1921, Benelli meluncurkan motor pertamanya, dan sepanjang sejarahnya, Benelli dikenal sebagai merek yang sukses dalam balap motor.

Namun, Benelli mengalami banyak perubahan kepemilikan. Pada tahun 1972, perusahaan ini dibeli oleh pengusaha Argentina, kemudian oleh Gian Carlo Selci pada 1989, dan terakhir pada 2005, Benelli menjadi bagian dari perusahaan China, QJ (Qianjiang) Group.

BACA JUGA:Honda Sulit Jual Motor Jenis Ini di Indonesia, KTM dan Motor Italia Lebih Mendominasi

BACA JUGA:Mesin LC4V Yamaha Vixion dan R15 Diragukan, Benarkah Buatan Minarelli dari Italia?

Nah faktor penyebab Benelli tidak laku di Indonesia terungkap. Yakni:

1. Brand Image

Salah satu alasan utama Benelli kurang diminati di Indonesia adalah karena merek ini sekarang milik perusahaan China, bukan Italia lagi.

Meski namanya masih terdengar Italia, banyak orang di Indonesia kurang percaya pada motor buatan China.

2. Layanan Purna Jual

Keterbatasan layanan purna jual atau after sales juga menjadi masalah besar. Banyak orang ragu membeli motor jika tidak ada jaminan layanan servis dan suku cadang yang memadai.

Sumber: