Masih Makan 3 Kali Sehari? Coba Kurangi, Rasakan Manfaat Ketika Anda Makan 1 Kali Sehari

Masih Makan 3 Kali Sehari? Coba Kurangi, Rasakan Manfaat Ketika Anda Makan 1 Kali Sehari

Coba Tinggalkan Pola Makan 3 Kali Sehari, Rasakan Manfaat Ketika Anda Berpuasa--freepik.com

RASELNEWS.COM - Sejak dulu, kita diajarkan bahwa makan yang baik adalah tiga kali sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam.

Bahkan, saat ini banyak yang mengatakan bahwa makan sehat berarti makan sering dengan porsi kecil, bisa lima hingga enam kali sehari, untuk menjaga kestabilan gula darah dan meningkatkan konsentrasi.

BACA JUGA:Apa Keutamaan Puasa Arafah? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

BACA JUGA:Cham: Etnis Muslim di Vietnam dan Kamboja yang Tidak Shalat dan Puasa, Begini Sejarahnya

Namun, bagaimana jika kita hanya makan sekali sehari? Apa yang akan terjadi?

Makan sekali sehari terdengar cukup ekstrem, terutama bagi mereka yang belum pernah puasa. Banyak orang terbiasa makan lebih dari tiga kali sehari, bahkan hingga lima atau enam kali.

Sebelum lanjut, masih banyak salah paham dan mengira tujuan puasa hanyalah untuk mengurangi kalori.

Sebenarnya, puasa memiliki banyak manfaat lainnya, seperti peningkatan hormon pertumbuhan, efek anti-penuaan, pembakaran lemak, penyembuhan sendi, dan peningkatan sintesis protein.

BACA JUGA:Berat Badan Justru Naik Saat Puasa, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Pemicunya

BACA JUGA:Puasa Hukumnya Wajib, Buya Yahya: Tapi Tidak Untuk 8 Golongan ini

Ketika kita memperpanjang puasa hingga 18 jam, kita memasuki fase autophagy, di mana tubuh membersihkan sel-sel yang rusak dan meningkatkan proses penyembuhan.

Jika puasa diperpanjang hingga 22 atau 24 jam, tubuh kita mulai melakukan detoksifikasi, meningkatkan produksi keton sebagai sumber energi, dan menurunkan nafsu makan.

Puasa juga dapat menstabilkan tekanan darah, meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta menurunkan resistensi insulin, yang merupakan akar dari berbagai penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Makan dan Minum Ketika Imsak, Apakah Puasanya Sah? Berikut Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:7 Daftar Makanan Sahur yang Mengenyangkan Agar Puasa Tahan Seharian

Jika ingin mencoba puasa dengan makan sekali sehari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulailah dengan mengurangi frekuensi makan secara bertahap, misalnya dengan puasa 12 jam.

Pastikan juga untuk mengatur pola makan dengan baik, seperti mengonsumsi makronutrisi (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrisi (vitamin, mineral) yang seimbang. (**)

Sumber: