SKD CPNS 2024 Dimulai! 250.407 Formasi Direbut 3 Juta Pelamar

SKD CPNS 2024 Dimulai! 250.407 Formasi Direbut 3 Juta Pelamar

SKD CPNS 2024-istimewa-

RASELNEWS.COM - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 dimulai. Tes tahap pertama ini dimulai 16 Oktober hingga 14 November 2024.

Total ada 3.035.723 pelamar CPNS yang berhak ikut SKD setelah dinyatakan lolos dalam tahap Seleksi administrasi.

Dalam pelaksanaan SKD, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyiapkan ribuan lokasi ujian, termasuk 36 titik di kantor BKN.

BACA JUGA:Lokasi dan Jadwal Lengkap SKD CPNS 2024 Kemenag Dalam Negeri dan Luar Negeri

Lokasi ujian tersebar mulai dari Aceh hingga Papua, serta 93 titik di luar negeri. Selain itu, terdapat 75 lokasi ujian mandiri BKN dan 135 lokasi mandiri dari berbagai instansi.

Pelaksanaan SKD dengan Metode CAT

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SKD dilaksanakan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024.

Materi ujian dalam SKD mencakup Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dengan passing grade yang telah ditentukan dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 321 Tahun 2024.

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Aturan Pakaian Saat Tes SKD CPNS 2024

Setelah menyelesaikan tes, peserta dapat langsung melihat apakah mereka memenuhi ambang batas atau tidak.

Skor peserta juga dapat dipantau secara langsung oleh masyarakat melalui fitur LIVE SCORE di kanal YouTube resmi BKN.

Pelamar Diharapkan Memanfaatkan Kesempatan Ini dengan Baik

Pada hari pertama pelaksanaan SKD, Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, mengingatkan para pelamar untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak tergoda oleh pihak-pihak yang menawarkan kelulusan secara ilegal.

BACA JUGA:Jangan Panik! Kartu Ujian CPNS 2024 Belum Muncul? Ini Solusi dari BKN

Ia menegaskan bahwa hasil SKD dapat langsung dilihat oleh peserta, dan masyarakat juga dapat memantau skor secara transparan.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa BKN menghadapi tugas berat karena seleksi PPPK juga masih berlangsung bersamaan dengan SKD CPNS.

Tahap SKD ini adalah tahapan kedua yang harus dilewati sebelum melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

BACA JUGA:10 Amalan untuk Peserta CPNS 2024 agar Lolos Menjadi ASN

Pelamar yang berhak mengikuti SKB adalah mereka yang berhasil mencapai passing grade dan masuk dalam peringkat tiga kali jumlah formasi yang dilamar.

Tahun ini, pemerintah menyediakan 250.407 formasi CPNS yang akan diisi oleh pelamar yang berhasil hingga tahap akhir. (**)

Sumber: