Riri Damayanti Ajak Tingkatkan Pegawasan Penggunaan Dana Desa

Riri Damayanti Ajak Tingkatkan Pegawasan Penggunaan Dana Desa

BENGKULU - Anggota DPD RI Riri Damayanti John Latief meminta pengawasan penggunaan dana desa (DD) harus diperketat. Pengawasan dilakukan agar tidak ada lagi celah disalahgunakan oleh oknum pejabat desa yang tidak bertanggung jawab.

Data Indonesia Corruption Watch (ICW), sambung Riri, anggaran DD merupakan dana paling rentan dikorupsi. Hal ini juga terbukti dari banyaknya kepala desa yang terjerat dugaan korupsi DD.

"Pengawasan harus masif. Jangan sampai ada lagi kasus-kasus penyelewengan DD,” tegas Riri dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada Rasel.

Riri mengatakan pemerintah harus melakukan evaluasi kebijakan anggaran DD secara menyeluruh. Mulai dari regulasi, kebijakan, hingga tataran pelaksanaan di lapangan. Penggunaan DD harus melibatkan partisipasi semua masyarakat desa.

Ia menyebut DD sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menangani kemiskinan di desa. Khususnya selama pandemi Covid-19, DD dialokasikan untuk menjaga daya beli masyarakat dan meningkatkan kinerja serta potensi yang ada.

“Selama ini kemiskinan banyak terjadi di desa, sehingga program ini harus diawasi secara ketat agar program penurunan angka kemiskinan bisa tercapai,” sambung Riri. (cia)

Sumber: