Serapan DAK 2021 Baru 70 Persen

Serapan DAK 2021 Baru 70 Persen

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Wabup Bengkulu Selatan (BS), H. Rifai Tajuddin mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab BS segera mempercepat realisasi kegiatan. Hal itu disampaikan Wabup ketika memimpin rapat evaluasi serapan anggaran pembangunan dan evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021.

Wabup menyebut waktu efektif tahun anggaran 2021 kurang dari dua bulan. Meskipun secara keseluruhan realisasi serapan DAK sudah mencapai 70 persen, Wabup menginginkan setiap program dapat direalisasikan. “Kepala OPD, khususnya PPK, harus melakukan pemantauan rutin pada pekerjaan tertentu yang berkaitan langsung dengan kualitas pembangunan. Karena efektif kegiatan tinggal beberapa pekan lagi,” tegas Rifai.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Setkab BS Fikri Aljauhari MM mengatakan agar kegiatan DAK fisik di lapangan berjalan tepat waktu, fungsi pengawasan PPK/PPTK harus dioptimalkan. Selain itu kualitas pekerjaan juga menjadi perhatian, jangan sampai pekerjaan tuntas tetapi tidak rapi dan kualitasnya kurang bagus.

“Ketepatan waktu juga menjadi perhatian bersama jangan sampai nanti justru waktu tersisa pekerjaan tidak tuntas,” pungkas Fikri. Dia juga menyebut percepatan realisasi DAK fisik diharapkan tidak menjadi hambatan untuk pencairan. Karena pencairan anggaran DAK mempunyai batasan waktu melalui aplikasi OM-SPAN. Paling lambat pengajuan pencairan yakni 5 Desember 2021.

“Kami berharap jangan sampai realisasi DAK di lapangan menghambat proses pencairan. Jika terlambat pengajuan maka dipastikan dana tidak cair. Karena itu percepat pekerjaan dan laporan serta pengajuan pencairan,” ingat Fikri. (one)

Sumber: