Kembali Diundur, Begini Cara Peserta Lihat Hasil Sanggah PPPK

Kembali Diundur, Begini Cara Peserta Lihat Hasil Sanggah PPPK

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Belum rampungnya rekapitulasi data pengajuan sanggah oleh peserta yang tidak lolos uji kompetensi tahap II PPPK Guru 2021, membuat tim panselnas kembali mengundur pengumuman hasil sanggah seleksi tersebut.

Sebelumnya hasil sanggah yang sudah dimulai sejak 24 Desember bakal diumumkan Kamis (30/12/2021). Namun kembali diundur pada hari ini (31/12/2021) siang. Untuk melihat pengumuman hasil kelulusan PPPK guru pasca masa sanggah, peserta bisa menempuh dua cara.

Pertama bisa mengunjungi situs resmi Kemendikbudristek RI melalaui portal SSCASN, kemudian mengunjungi laman https:/gurupppk.kemdikbud.go.id//

“Sanggah ini sebagai ruang bagi peserta untuk mengajukan keberatan terhadap hasil seleksi. Sanggah ini bersifat online dan langsung dihubungkan ke Panselnas. Terkait apakah diterima atau tidak, itu kebijakan pusat,” ujar Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Total peserta seleksi PPPK guru tahap II BS yang tidak lolos mencapai 417 orang, dan 90 persen diantaranya mengajukan sanggah ke panselnas PPPK guru tahap II. Dari persentase itu, nantinya akan diketahui berapa banyak sanggahan yang diterima atau ditolak oleh pusat. Jika diterima, otomatis yang bersangkutan akan menambah daftar kelulusan dan bisa melengkapi berkas untuk penerbitan Nomor Induk ASN PPPK Guru.

“Kalau sanggahannya diterima, pada portal SSCASN akan tertulis anda lulus dan diterima menjadi ASN PPPK Guru. Jika tidak, maka tulisannya gagal. Pesertapun bisa langsung mengunduh hasil sanggah itu dengan mengklik ikon download,” beber Diazdado.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada peserta yang mengajukan sanggah agar tidak melewatkan momen pengumuman tersebut. Sebab, bisa jadi yang bersangkutan lolos dan tidak perlu lagi gabung pada seleksi berikutnya. “Kalau di seleksi sebelumnya, memang tidak ada peserta yang diterima sanggahannya. Alasan pusat, memang nilai yang didapat peserta jauh dari passing grade. Nah di tahap kedua ini kami belum tahu, kemungkinan besar ada yang sanggahannya diterima,” jelas Diazdado. (rzn)

Sumber: