Sssttt…Ada Oknum Auditor Kasus “Pesaweran” Terima Suap

Sssttt…Ada Oknum Auditor Kasus “Pesaweran” Terima Suap

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Inspektorat Daerah (Ipda) Bengkulu Selatan (BS) diterpa kabar kurang sedap. Beredar informasi ada oknum auditor menerima uang suap Rp10 juta. Uang sogok tersebut mengalir saat proses audit penggunaan dana desa (DD) di enam desa Kecamatan Kedurang pada tahun 2021 lalu.

Diketahui, enam desa tersebut sebelumnya dilaporkan ke Polres BS karena ada dugaan penyalahgunaan DD yang dipakai untuk kegiatan studi banding ke Kabupaten Pesaweran Provinsi Lampung pada Agustus 2021. Kasus ini kemudian dilimpahkan Unit Tipikor Polres BS ke APIP untuk dilakukan audit guna mengetahui indikasi kerugian negara.

Ketika dikonfirmasi, Inspektur Ipda BS, Diah Winarsih mengaku uang tersebut sempat diambil oleh oknum auditor namun sudah dikembalikan kepada sang pemberi. Diah menegaskan pemberian apapun tidak boleh diterima oleh auditor saat melakukan audit, apalagi mengaudit dana desa yang diduga bermasalah.

“Ketika saya tahu informasi tersebut, saya langsung panggil (oknum auditor) yang bersangkutan. Saya perintahkan uang itu dikembalikan segera dan itu sudah dikembalikannya kepada yang memberi,” ujar Diah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/2/2022).

Sumber: