Manfaat Kacang Kecipir atau Embing

Manfaat Kacang Kecipir atau Embing

KACANG KECIPIR atau dalam bahasa serawai dikenal dengan sebutan Embing ternyata kaya manfaat. Selain untuk dijadikan sayur, kecipir juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kecipir (Psophocarpus tetragonulobus) berasal dari keluarga polong polongan (Fabaceae). Batangnya merambat menyerupai batang kacang panjang. Buahnya bersegi dan berbentuk panjang.

Tanaman ini tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan. Daunnya bisa dimakan seperti seperti bayam, buahnya yang muda bisa dijadikan sayur, bunganya bisa dijadikan salad dan bijinyapun bisa dimanfaatkan untuk sayuran. Namun sebagian orang memang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayuran kecipir ini, karena aromanya yang kurang sedap.

Berikut manfaat Kecipir untuk kesehatan.

Pertama menjaga sistem saraf agar tetap sehat. Asam folat yang terkandung di dalam daun dan buah kecipir bisa menjaga sistem saraf Moms dan Dads dari kerusakan. Asam folat berperan untuk memproduksi sel darah merah yang bertugas mengalirkan oksigen hingga menuju jaringan saraf dan otak. Kondisi ini diyakini dapat meningkatkan daya ingat dalam otak.

Bukan cuma asam folat, Vitamin B6 juga ada di dalam kandungan kecipir. Yang fungsinya juga menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin ini juga mendukung metabolism newrotransmitter yang berperan dalam mengantarkan sinyal saraf dari otak menuju organ organ tubuh.

Manfaat kecipir yang kedua adalah mencegas asma. Kecipir mengandung 326 mg magnesium yang merupakan 77,62 persen dari nilai angka kecukupan gizi (AKG) perhari. Sehingga kecipir dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk orang penderita asma.

Sumber: