Pemkab Kaur Bentuk Pemerintahan Tujuh Desa Persiapan

Pemkab Kaur Bentuk Pemerintahan Tujuh Desa Persiapan

RAPAT: Wabup memimpin rapat pembentukan pemerintahan desa persiapan, beberapa waktu lalu-Julianto-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Pemkab Kaur mulai melakukan persiapan pembentukan pemerintahan tujuh desa persiapan yang diusulkan ke Kemendagri RI. Persiapan mulai dari sarana kantor desa hingga struktural pemerintahan desa sampai kepada batas desa dan kebutuhan lain.

“Kita ingin dari jauh hari, ini sudah rampung. Apa saja yang dibutuhkan sehingga nanti dalam proposal yang diajukan ke Mendagri, tak ada kendala," ujar Wabup yang memimpin rapat di ruang kerjanya, kemarin (7/7).

Tujuh desa persiapan berada di tiga kecamatan. Lima desa di Kecamatan Nasal dan masing-masing satu desa di Kecamatan Maje dan Tetap. "Ada beberpa alasan menyetujui pemekaran diusulkan Kemendagri. Salah satunya jarak antar desa induk dengan desa yang akan dimekarkan ada yang mencapai 23 kilometer. Ini sangat menyulitkan warga untuk urusan administrasi," tegas Wabup.

BACA JUGA:PMK Mewabah, Asuransi Sapi Justru Terhenti

Meski belum dipastikan berhasil, Wabup menyebut 7 desa yang diusulkan selayaknya dimekarkan. Sebab banyak kendala yang terjadi lantaran jarak hingga wilayah yang cukup luas. Pihaknya berharap selain jumlah penduduk, nantinya Mendagri juga mempertimbangkan rentang jarak desa pemekaran dengan desa terdekat.

"Jumlah jiwa juga tidak ada yang di bawah 500 jiwa dalam satu desa pemekaran. Jadi terkait hal ini akan kami siapkan sebelum diajukan kepada Mendagri," ungkap Wabup. Rapat Desa Persiapan juga dihadiri pihak DPMD, Bappeda, BKD, Bagian Hukum dan Bagian Setkab Kaur serta kecamatan. (jul)

Datar Tujuh Desa Persiapan
No.    Desa Pemekaran        Desa Induk           Kecamatan
1.    Kulit Sialang                 Muara Dua           Nasal
2.    Datar Selepah              Air Pahlawan         Nasal
3.    Pematang Salimi          Ulak Pandan          Nasal
4.    Makmur Jaya               Sumber Harapan   Nasal
5.    Mekar Jaya                  Suka Jaya             Nasal
6.     Pematang Danau        Kedataran              Maje
7.    Sinar Makmur             Tanjung Agung        Tetap
(sumber: pemkab kaur)

Sumber: wakil bupati kaur