Hari Ini Jemaah Haji Bengkulu Tiba, Keluarga Dilarang Jemput di Bandara

Hari Ini Jemaah Haji Bengkulu Tiba, Keluarga Dilarang  Jemput di Bandara

Ilustrasi jemaah umrah-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Jemaah Haji Bengkulu yang tergabung dalam kloter VI dan kloter VI Padang akan tiba di Bengkulu pada 21-22 Juli 2022. Setibanya di Bengkulu, jemaah haji tersebut akan dilakukan pengembalikan ke kabupaten/kota masing-masing.

Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan mengatakan ada 747 jemaah yang diberangkatkan pada musim haji 2022. “Kami sudah mempersiapkan kepulangan jemaah haji Bengkulu," tegas Intihan, Rabu (20/7).

Para jemaah haji Provinsi Bengkulu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau sekitar pukul 05.55 WIB, 21 Juli 2022 dan pukul 08.40 WIB, 22 Juli 2022. Jemaah kloter VI akan diberangkatkan ke Bandara Fatmawati pada 21 Juli 2022 menggunakan Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 3406 dan dijadwalkan tiba pukul 10.55 WIB. Sementara jemaah kloter VII akan diberangkatkan ke Bandara Fatmawati pada 22 Juli 2022, juga menggunakan Pesawat Garuda.

Setibanya di Bengkulu, para jemaah haji akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan kesehatan untuk memastikan para jemaah sehat," katanya. Rencanaya, kedatangan para jemaah haji akan disambut langsung Gubernur Bengkulu.

Sementara itu, Polda Bengkulu telah menyiapkan ratusan personel untuk mengamankan kepulangan jemaah haji. Mulai dari pengawalan kendaraan rombongan, pengamanan di bandara, hingga pengamanan rombongan di asrama haji.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno mengatakan ratusan personel yang dikerahkan merupakan personel gabungan. "Untuk pengamanan dilakukan besok (hari ini) mulai dari kedatangan rombongan jemaah haji di bandara, menuju asrama haji, hingga diantarkan kembali ke daerah masing-masing," kata Sudarno.

Pengamanan kepulangan jemaah haji merupakan agenda pengamanan nasional keberangkatan dan kepulangan jemaah haji 2022 setelah dua tahun tertunda akibat pandemi covid-19.

JH Kaur

Hari ini, 48 jemaah haji asal Kaur yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) VI Padang, akan tiba sekitar pukul 11.00 WIB di Bandara Fatmawati Bengkulu. Dijadwalkan, nanti (Kamis, 21/7) malam mereka sudah tiba di Kaur.

Para jemaah haji akan diberangkatkan dari Asrama Haji Bengkulu menggunakan bus dengan pengawalan patroli polisi. “Kalau tidak ada halangan, jemaah haji akan tiba besok (hari ini),” beber Kepala Kantor Kemenag Kaur H. Irawadi S.Ag M H.I didampingi Kasi PHU Bujang Ruslan M.Pd, Rabu (20/7).

Disampaikan Bujang, tahun ini ada 49 jemaah yang seharusnya berangkat menunaikan ibadah hai. Namun satu jemaah mengalami sakit hingga membatalkan pemberangkatan.

Jelang kepulangan jemaah haji ini, Irawadi meminta panitia yang terlibat dalam penjemputan dapat saling berkoordinasi agar proses penjemputan jemaah haji berjalan lancar. “Sampai saat ini jemaah haji asal Kaur dalam kondisi sehat semua, mereka sudah menuntaskan ibadah dengan baik,” sambung Irawadi.

Irawadi juga mengingatkan bahwa para jemaah tidak boleh dijemput secara pribadi oleh pihak keluarga di Bandara Fatmawati Bengkulu. Seluruh jemaah harus pulang bersamaan ke Kaur.

Setibanya para jemaah di Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, akan disambut Bupati Kaur H. Lismidianto dan para pejabat di Kaur. “Pihak keluarga bisa menunggu di Masjid Agung Al-Kahfi. Meskipun menjemput ke Bengkulu, keluarga tak diperkenankan membawa jemaah hingga tiba di Kaur,” ujar Irawadi.

JH Seluma

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Seluma, H Heriansyah, mengatakan 72 jemaah haji asal Seluma akan tiba di Tais. Jemaah dijadwalkan tiba di Kota Tais pukul 14.00 WIB. Hal itu jika perjalananan kepulangan jemaah tidak ada perubahan jadwal dari konfirmasi Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan TPHD Provinsi Bengkulu.

"Jadi kami sudah mendapatkan konfirmasi. Untuk seluruh jemaah haji asal Seluma besok (hari ini) pukul 14.00 WIB dijadwalkan sudah tiba di Kota Tais. Rencananya akan berkumpul di Masjid Agung Baitul Falihin Kota Tais sebelum dijemput anggota keluarga masing-masing,” tegas Heriansyah.

Pihak keluarga jemaah haji yang ingin melakukan penjemputan, bisa langsung ke Masjid Agung Baitul Falihin. Mereka tidak diperkenankan menjemput para jemaah di Bandara Fatmawati atau di Kota Bengkulu.

"Jadi semuanya harus sampai di Kota Tais. Keluarga dari Tais tidak perlu menjemput ke bandara," tegasnya.

Heriansyah mengatakan dari 72 jemaah haji Seluma, semuanya dilaporkan dalam kondisi sehat. Mereka sudah menyelesaikan tawaf wada' atau tawaf perpisahan sebelum diberangkatkan pulang ke Indonesia. (cia/jul/rwf)

 

Sumber: kemenag provinsi bengkulu