Kabupaten Didorong Miliki Rumah Singgah

Kabupaten Didorong Miliki Rumah Singgah

Dinas Sosial Provinsi Bengkulu-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu diharapkan memiliki rumah singgah untuk membantu warga terlantar maupun gelandangan dan pengemis (gepeng).

Dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, hanya Kota Bengkulu yang memiliki rumah singgah.

Kepala UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Kota Bengkulu, Timor Diyanto mengatakan selama ini orang terlantar dan gepeng ditampung di panti sosial. Namun sarana dan prasarana yang dimiliki panti sosial juga belum memadai.

"Selama ini seluruh pasien langsung ditampung di sini, dari kabupaten. Kalau semua kabupaten memiliki rumah singgah, bisa ditampung di sana terlebih dahulu," harap Timor.

Timor mengatakan penghuni panti sosial berjumlah 73 orang. Pasien terakhir yang baru masuk adalah Nenek Julaiha yang sebelumnya viral lantaran dinilai ditelantarkan anak kandungnya.

Semenjak pandemi Covid-19, anggaran yang disediakan sangat minim. Bahkan para pasien saat ini tidak dilengkapi fasilitas televisi.

"Ttelevisi sebelumnya ada, namun karena sudah tua, maka rusak semua. Memang kondisi panti saat ini penuh kekurangan," ungkap Timor.

Namun Timor memastikan kondisi itu tidak mengurangi pemberian fasilitas kepada para pasien. Mereka tetap diberikan pelayanan sebaik mungkin agar merasa nyaman dan betah.

Pihaknya juga mempersilahkan pihak yang ingin membantu sarana dan prasarana, dengan datang langsung melihat kondisi panti. "Silahkan datang sendiri, apa yang dibutuhkan di sini," pungkasnya. (cia)

Sumber: kepala uptd panti sosial tresna werdha kota bengkulu