DBD Mengganas, Bupati Kaur Terbitkan SE

DBD Mengganas,  Bupati Kaur Terbitkan SE

ilustrasi DBD-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kaur semakin mengganas. Bahkan Bupati Kaur. H. Lismidianto sampai mengeluarkan surat edaran (SE) Pencegahan DBD Saat Musim Hujan.

“Kami mengingatkan masyarakat waspada dengan DBD. Salah satunya dengan menjaga lingkungan sekitar agar bersih dan sehat,” kata Bupati melalui Sekda Dr. Drs. Ersan Syafiri, MM, Rabu (10/8).

BACA JUGA:Dua Warga Meninggal Akibat DBD

Dalam SE Nomor: 800/890/DINKES/KK2022 tentang DBD, setiap OPD dan instansi vertikal di Kaur diminta lebih giat menjaga lingkungan kantor dan sekitarnya dengan rutin melakukan kebersihan. Bupati juga meminta kepala Dinas Kesehatan Kaur menugaskan seluruh Puskemas untuk lebih intens melakukan sosialisasi menguras, menutup dan mengubur (3M).

“Kami mengajak seluruh kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK agar lebih giat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Ini guna mencegah DBD,” sambung Sekda.

BACA JUGA:DBD Mengintai, Warga Kaur Diminta Waspada

Sementara itu, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kaur Sajardin, SKM mengakui beberapa pekan terakhir terjadi peningkatan kasus DBD. Tercatat sudah 44 kasus DBD yang dilaporkan.

“Untuk mencegah DBD, kami sudah melakukan fogging untuk membunuh nyamuk dewasa. Kami juga meminta masyarakat agar selalu menerapkan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur,” pungkasnya. (jul)

 

Sumber: